Find Us On Social Media :

Hands-on ASUS Zenfone 11 Ultra: Desain dan Spek Mirip ROG Phone 8

By Dayu Akbar, Rabu, 12 Juni 2024 | 06:00 WIB

ASUS Zenfone 11 Ultra

ASUS resmi meluncurkan Zenfone 11 Ultra sebagai suksesor dari Zenfone 10 yang meluncur September 2023 lalu. Sebagai generasi yang lebih baru, Zenfone 11 Ultra menghadirkan kejutan, yang paling menonjol adalah dimensinya yang lebih besar.

Hal ini dikarenakan seri Zenfone identik dengan dimensi kompak dan ringkas seperti pada Zenfone 9 dan Zenfone 10 series. Selain itu, spesifikasi yang digunakannya mirip dengan smartphone gaming yang menawarkan performa kencang namun hadir dengan desain yang lebih stylish.

Seperti apa penampakannya? Berikut ulasan singkatnya:

Packaging

ASUS tampaknya mulai mengikuti tren ketiadaan perangkat charger pada paket penjualannya. Hal yang sebenarnya cukup mengecewakan bagi konsumen karena harus menambah biaya dengan membeli charger resmi atau mengandalkan charger pihak ketiga. Hal ini juga yang membuat dimensi kotak penjualannya memiliki ukuran lebih tipis. Selain unit Zenfone 11 Ultra, Anda akan mendapati kabel data USB type-C, hardcase warna hitam, SIM ejector, stiker IMEI, buku panduan, dan uniknya disertakan pula earphone kabel.

Paket penjualannya tidak menyertakan charger, meski terdapat earphone dan hard case.

Desain

Bagi yang mengikuti seri Zenfone sebelumnya, bodi Zenfone 11 Ultra yang besar memang cukup mengejutkan. Kali ini bodinya memiliki panjang sekitar 16 cm dimana seri sebelumnya yaitu Zenfone 10 hanya memiliki panjang sekitar 14 cm. Namun untuk ketebalan, kali ini Zenfone 11 Utra lebih tipis yaitu 0,89 cm saja. Sementara bobotnya sekitar 225 gram sehingga cukup ergonomis.

Terus terang saat pertama melihat desainnya, kami suka bagian belakangnya kental dengan sentuhan premium. Dan jika Anda ingat, desainnya punya aura yang mirip dengan ASUS ROG Phone 8 yang pernah kami ulas. Lapisan bodi belakang, frame kamera, serta sisi-sisi frame-nya bisa dibilang mirip. Bodi belakangnya menggunakan lapisan kaca dengan frame dari alumunium. Lapisan ini memang tidak terlalu mudah kotor dan gampang dibersihkan dengan kain kering. Untuk pilihan warnanya ada tiga yang terdiri dari Eternal Black, Skyline Blue, dan Misty Grey. Sedangkan unit yang kami pegang ini memiliki warna Skyline Blue.

Meski dimensi lebih besar namun ketebalannya lebih tipis.

Dan masih sama dengan seri sebelumnya, Zenfone 11 Ultra juga dibekali rating IP68 yang membuatnya anti air dan debu, serta tahan saat jatuh dari ketinggian hingga 1 meter atau tercebur ke dalam air tawar selama maksimal 30 menit.

Untuk penempatan tombol fisik cukup standar dimana tombol Volume dan Power ada di sisi kanan. Sedangkan di sisi bawah ASUS masih menyertakan jack audio 3.5mm. Disebelahnya terdapat speaker, slot SIM yang mendukung dua SIM, dan port USB. Menariknya, meski hanya ada satu di sisi bawah namun speakernya sudah stereo karena speaker satunya terdapat di bagian earpiece.