Find Us On Social Media :

Review iQOO 12: Hape Flagship Mainstream dengan Performa Gaming

By Dayu Akbar, Jumat, 14 Juni 2024 | 06:00 WIB

iQOO 12

iQOO (baca: ai ku) merupakan sub-brand dari vivo yang masuk ke pasar Indonesia melalui smartphone flagship-nya. Setelah iQOO 11, hadir iQOO 12 yang kembali menawarkan spesifikasi tinggi dan performa kencang. Namun kali ini iQOO 12 hadir dengan tampilan yang agak berbeda meski konsepnya sama yaitu smartphone premium yang hadir dengan spesifikasi terbaru.

Desain Premium

Aura premium sudah terasa dari kotak penjualannya yang memasang logo BMW M Motorsport. iQOO sendiri memang melakukan kerjasama dengan brand otomotif ini sejak iQOO 11. Smartphone dengan sasis aluminium dan sisi belakang kaca ini tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Legend (putih) dan Alpha (hitam). Khusus yang Legend (putih) pada unit yang kami uji ini, sisi belakang iQOO 12 turut dilengkapi dengan logo BMW M Motorsport. Entah mengapa pada warna Alpha (hitam) logo tersebut tidak disertakan.

Untuk sekelas flagship, iQOO 12 hanya mengantongi sertifikasi IP64 yang membuatnya tahan debu dan cipratan air.

Dengan ketebalan 8,1 mm dan berat 203 gram, iQOO 12 bisa dibilang masih nyaman digenggam. Oiya, lapisan belakangnya memang mudah kotor oleh sidik jari tapi tenang saja dibersihkannya juga mudah sehingga tidak perlu kuatir. iQOO 12 mengusung desain unik pada frame kamera belakang yang mirip dengan jendela pesawat. Frame-nya menonjol yang didalamnya terdapat tiga lensa kamera dengan lampu flash yang ditempatkan diluar frame.

Kamera belakang terdiri dari kamera utama wide 50 MP, kamera periscope telephoto 64 MP, kamera ultra-wide dengan resolusi 50 MP, dan kamera depan dengan resolusi 16 MP.

Untuk ketahannya, iQOO 12 sudah mendapatkan sertifikasi IP64. Hal yang sedikit disayangkan mengingat sekelas flagship hanya tahan debu dan cipratan air saja, bukannya IP68 yang bisa tahan dalam air.

Penempatan tombol fisik Volume dan Power-nya standar, ada di sisi kanan. Sedangkan slot kartu ada di sisi bawah yang hanya bisa digunakan hingga dua kartu SIM, tanpa kartu microSD. Disebelahnya terdapat port USB dan speaker tanpa adanya jack audio 3.5mm. Di sisi atas iQOO menyertakan sensor infra red yang bisa dimanfaatkan sebagai remote control untuk perangkat elektronik. Terdapat pula mikrofon dan speaker. Ya, iQOO 12 memang mendukung speaker stereo sehingga suaranya lebih bagus.

Punya kapasitas penyimpanan internal yang besar yaitu 512 GB membuat iQOO 12 hanya mendukung penggunaan dua kartu nano SIM saja, tanpa microSD.

Layar Tajam dan Efisien

iQOO 12 hadir dengan layar berukuran diagonal 6,78 inci menggunakan panel AMOLED dengan teknologi low-temperature polycrystalline oxide (LTPO) untuk efisiensi energi. Memiliki resolusi 2.800 x 1.260 piksel, layar ini mendukung refresh rate 144 Hz dengan kemampuan adaptif untuk efisiensi dan tingkat kecerahan 3.000 cd/m2 plus color space DCI-P3. Dirancang agar tampilannya masih terlihat jelas meski berada di bawah terik matahari, layar ini punya tingkat kecerahan tinggi yaitu hingga 3000 nits.

Selain menyediakan opsi pilihan resolusi serta refresh rate untuk efisiensi daya, iQOO juga menyertakan dua fitur pada layar yaitu Visual enhancement dan MEMC & Super Resolution.