Find Us On Social Media :

Di MSD 2024, Metrodata & Mitra Bagikan Strategi AI untuk Inovasi & Pertumbuhan Bisnis di Era Digital

By Liana Threestayanti, Kamis, 22 Agustus 2024 | 22:47 WIB

Menggelar Metrodata Solution Day (

Menggelar Metrodata Solution Day ("MSD") 2024 di Jakarta, PT Metrodata Electronics Tbk ("Metrodata") memperlihatkan kesiapannya dalam mendukung adopsi artificial intelligence (AI) di Indonesia.

Di ajang tahunan yang mengusung tema "AI Reimagined: Transforming the Future of Work", Metrodata menyoroti pentingnya teknologi AI dalam meningkatkan efisiensi dan inovasi di dunia bisnis.  

“Di MSD, kami menawarkan berbagai wawasan adopsi teknologi AI yang dirancang untuk membantu bisnis berinovasi dan berkembang di era digital ini,” kata Susanto Djaja, Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk.

Susanto menjelaskan bahwa Metrodata telah menyiapkan lebih dari 120 tenaga konsultan AI yang bernaung di pilar Data & AI. Pilar ini merupakan salah satu dari Solusi 8 Pilar yang disiapkan Metrodata untuk membantu transformasi digital berbagai organisasi dan perusahaan di tanah air. 

Menurut Susanto, Metrodata juga telah menyelesaikan proyek AI untuk lebih dari 100 use case di berbagai industri. Hal ini menjadi penting bagi Indonesia di mana penggunaan AI masih berada pada tahap awal adopsi.

Lebih dari 100 use case sudah diterapkan di berbagai industri. Di antaranya, menurut Susanto, sektor banking dan multifinance; consumer goods; telekomunikasi; otomotif; sektor publik; fashion; perkebunan; periklanan; dan alat berat.

Ia juga memberikan beberapa contoh penerapan AI di berbagai sektor industri tersebut. Misalnya di sektor perbankan, penggunaan AI umumnya di area rekomendasi produk, skor kredit, dan deteksi fraud. 

“Contoh industri lainnya, misalnya dairy (susu) yang mempunyai banyak jenis produk. Ada fast moving item yang tidak boleh kekurangan stok, ada item yang slow moving dan diharapkan tidak terjadi kelebihan stok,” jelas Susanto. 

Contoh use case lainnya adalah deteksi objek menggunakan computer vision di industri otomotif dan air mineral, yang dapat meningkatkan akurasi hingga 97%. 

Metrodata juga membantu implementasi AI generatif di sektor telekomunikasi, berupa conversational agent terkait layanan human resources (HR). 

“Dalam dunia yang terus berkembang, kita perlu beradaptasi dan merangkul perubahan untuk tetap relevan dan bertahan di pasar. AI bukanlah sesuatu yang harus dihindari, tetapi justru menjadi bagian integral dari strategi bisnis kita,” jelas Susanto. 

Ajang Metrodata Solution Day juga menampilkan para mitra Metrodata, seperti Red Hat, Confluent, Google Cloud, AWS, Microsoft, dan Anaplan.