Find Us On Social Media :

Review realme 13 Pro 5G: Unggulkan Fotografi dengan Fitur AI

By Dayu Akbar, Jumat, 18 Oktober 2024 | 07:30 WIB

realme 13 Pro 5G

realme 13 Pro 5G merupakan varian dari realme 13 Pro Series 5G yang hadir bersamaan dengan seri Pro+. Secara spesifikasi, ada dua hal utama yang jadi pembeda dengan seri Pro+ yaitu dari sektor kamera belakang dan baterainya. Pada realme 13 Pro 5G kamera belakangnya tidak terdapat kamera telephoto periscope serta dukungan daya fast charging yang lebih kecil.

Meski demikian keduanya mengusung konsep yang sama dengan hadirnya dukungan HYPERIMAGE+ yang menawarkan pengalaman fotografi melalui berbagai fitur berbasis AI. Hal ini pula yang dipertegas dengan kotak penjualan yang menyematkan tulisan AI di pojok kiri atas.

Desain dan Fitur

Bidik kelas menengah, realme 13 Pro 5G hadir dengan desain curved yang kekinian. Menggunakan material polikarbonat, bagian belakangnya juga dibuat dengan motif menarik sehingga tidak terkesan kaku dan lebih estetik.  Bodinya sudah mendapatkan sertifikasi IP65 yang artinya tahan terhadap debu dan cipratan air. Dan tidak kalah menarik, sudah dilengkapi pula dengan sertifikasi ketahanan banting premium bintang 5 dari Swiss SGS yang membuatnya tetap berfungsi meski jatuh dari ketinggian 1,65 meter.

Layar curved-nya menggunakan panel AMOLED dengan spesifikasi lain yang sama persis dengan realme 13 Pro+ 5G.

Tampilan layarnya tajam dengan desain curved yang elegan dan bezel yang tipis. Panel yang digunakan yaitu AMOLED dengan ukuran 6,7 inci resolusi full HD+ atau 1.080 x 2.412 pixels serta rasio 20:9. Tingkat kecerahannya cukup tinggi yaitu hingga 2.000 nits sehingga tampilannya masih terlihat jelas meski berada di bawah terik matahari. Tidak ketinggalan sensor sidik jari yang disematkan di area bawah dalam layar.

Realme 13 Pro 5G tidak mendukung kartu memori microSD dan kompartemennya hanya untuk menampung dua kartu nano SIM saja.

Refresh rate yang dimilikinya hingga 120 Hz guna menampilkan pergerakan yang mulus. Anda bisa melakukan pilihan refresh secara default. Fitur ini bekerja otomatis sesuai dengan aplikasi yang digunakan. Misalnya ketika menjalankan game dengan refresh rate 120 Hz, otomatis sistem akan beralih. Begitu pula saat digunakan untuk aplikasi sederhana yang berjalan di 60 Hz. Dengan mengaktifkan secara default, baterai jadi lebih hemat karena refresh rate tinggi butuh konsumsi daya besar. Tidak hanya tajam, layarnya juga tahan terhadap goresan berkat pelindung Corning Gorila Glass 7i.

Jika bodinya dirasa terlalu licin, realme sudah menyertakan casing tambahan bertekstur dengan warna abu-abu yang nyaman digenggam.

Sementara untuk penempatan tombol fisik terbilang standar seperti smartphone lain pada umumnya. Sisi kanan terdapat tombol Volume dan tombol Power. Sementara penempatan fitur lainnya yaitu pada sisi bawah terdapat slot kartu SIM, mikrofon, port USB type-C, speaker, dan tanpa jack audio 3.5mm. Speakernya ini berjenis stereo dimana speaker satunya berada di sisi atas. Untuk SIM tray hanya mendukung dua kartu SIM dan tanpa kartu microSD.

Speakernya berjenis stereo dengan posisi di sisi bawah dan juga sisi atas.

Zoom Lumayan Meski Tanpa Periskop