Live shopping kini semakin disukai oleh orang-orang di Indonesia. Tentunya, hal ini bisa dimanfaatkan para pelaku usaha, khususnya UMKM, untuk mengembangkan bisnis onlinenya.
Berdasarkan riset Jakpat berjudul ‘E-commerce Trends 2023’ yang berfokus pada tren konsumen pada semester II 2023, sebanyak 87% responden mengaku pernah menonton live shopping dan 77% dari mereka melakukan transaksi melalui fitur tersebut.
Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Rizky Juanita Azuz, mengatakan bahwa live shopping bisa mempermudah penjual dalam meningkatkan kunjungan pelanggan dan penjualan.
Dengan cara ini, masyarakat dapat memperoleh informasi lebih lengkap mengenai produk yang mereka butuhkan, termasuk berbagai promosi yang ditawarkan.
“Tokopedia dan ShopTokopedia mempermudah pelaku usaha dalam memperluas jangkauan pasar sekaligus meningkatkan penjualan melalui pemanfaatan live shopping. Pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang belum melakukan live shopping,” jelas Rizky.
Lebih lanjut, Tokopedia dan ShopTokopedia melalui Rizky dan UMKM lokal asal Surakarta, BeCare Detailing (Tokopedia dan ShopTokopedia), memberikan sejumlah tips bagi para pelaku usaha agar bisa meraih lebih banyak pesanan lewat live shopping.
1. Buat konten video kreatif sebagai teaser live shopping mendatang
Agar konten video menarik untuk ditonton, buatlah konten yang berhubungan dengan target pasar. Sebelum membuat konten video, pelaku usaha sebaiknya telah mengetahui produk yang akan dijual, memahami target pasar, dan mempertimbangkan konten yang disukai audiensnya.
Misalnya menjual produk sepatu perempuan dengan target pasar perempuan dewasa yang telah bekerja. Ide short video yang dibuat bisa mengenai keseharian perempuan muda yang aktif dan sepatu tersebut mendukung keseharian mereka.
Menurut survei MetrixLab (2024), pengguna yang menonton live stream penjual memiliki kemungkinan 2,5 kali lebih tinggi untuk melakukan pembelian.
“Untuk mendapatkan lebih banyak audiens, buatlah live stream teaser yang menginformasikan tentang konten yang akan ditampilkan pada live streaming nanti di ShopTokopedia. Saat menyiapkan konten teaser, sisipkan informasi seputar produk yang akan dijual di sesi live, promosi yang bisa dimanfaatkan, serta jadwal sesi live streaming,” ungkap Rizky.
Agar short video penjual semakin berpeluang menjangkau lebih banyak masyarakat, maka pelaku usaha bisa memberikan narasi yang cocok dan menarik pada video serta menggunakan lagu atau sound yang sedang populer.
Untuk menghindari kendala hak cipta, penjual sebaiknya memastikan lagu atau sound yang diinginkan bisa digunakan untuk keperluan promosi.