Find Us On Social Media :

Inilah Alasan Para CIO Harus Adopsi Solusi Nutanix Enterprise Cloud OS

By Adam Rizal, Kamis, 12 Juli 2018 | 13:00 WIB

Arief Pribadi & Andreas Kagawa

Nutanix sebagai pemimpin di bidang komputasi enterprise cloud memperkenalkan platform Nutanix Enterprise Cloud OS yang menghadirkan skalabilitas dan pengelolaan IT yang efisien untuk mengimbangi pesatnya perkembangan bisnis.

Andreas Kagawa (Country Manager Nutanix Indonesia) mengatakan Nutanix melihat saat ini tren cloud computing terbagi tiga jenis yaitu Public Cloud, Private Cloud, dan Distributed Cloud, menyusul populernya tren IoT dan ROBO (Remote Office/Branch Office) yang membutuhkan keuntungan cloud.

"Distributed Cloud memiliki prospek yang besar di masa depan karena dunia teknologi sudah memasuki tren IoT. Dengan Distributed Cloud, perusahaan bisa menaruh server kecil di atas kapal tangker, pusat penambangan dan daerah terpencil lainnya untuk saling terhubung satu sama lain," katanya di Jakarta (11/7).

Andreas mengatakan para kepala CIO perusahaan menginginkan beban kerja jenis Elastik (naik-turun) dan Predictable (bisa diperkirakan) bisa ditangani secara mudah.

"Saat ini perusahaan dituntut untuk lebih hemat biaya melalui penggunaan skema pay-as-you-grow, sehingga tidak lagi harus memboroskan anggaran untuk OPEX/perawatan, maupun juga menginvestasikan CAPEX yang besar di awal," ucapnya.

Nutanix mampu menjawab kebutuhan CIO masa kini yaitu:

1. Bagaimana membuat aplikasi dan data portabel, bisa berpindah antar cloud dengan lebih mudah dan walaupun ditempatkan di private cloud, masih bisa menikmati keuntungan yang ditawarkan oleh public cloud

2. Bagaimana mempermudah pengelolaan dari satu tempat yang sentral, tidak harus mengirim teknisi berbeda-beda ke tempat-tempat jauh karena biaya operasionalnya akan mahal

3. Bagaimana membuat perencanaan dan pembiayaan sistem data center lebih terukur dan efisien

Kunci Sukses Tokopedia

Salah satu klien Nutanix untuk Enterprise Cloud adalah Tokopedia

Awalnya, Tokopedia menjalankan sistem IT legacy yang kompleks dengan beragam sistem enterprise lainnya, termasuk sebuah online web server yang menjalankan bisnis e-commerce mereka dan MySQL untuk pengelolaan database.