Find Us On Social Media :

Lima Fakta Unik dan Menarik Tentang Mouse yang Perlu diketahui

By Dayu Akbar, Senin, 30 Juli 2018 | 14:02 WIB

Mouse atau tetikus merupakan peranti yang sudah tidak dapat dipisahkan lagi dari penggunaan komputer, baik itu PC desktop maupun notebook. Notebook? Ya, meskipun notebook telah dilengkapi dengan touchpad atau trackpad, bahkan sampai layar notebook-nya sendiri menggunakan teknologi layar sentuh, tetap saja tak sedikit penggunanya yang masih mengandalkan mouse dalam pengoperasiannya.

Sejak komputer menggunakan tampilan visual, peran mouse memang tak tergantikan. Mouse komputer diciptakan pada tahun 1964 oleh Douglas Engelbart. Pada masa itu, bentuk mouse sama sekali tidak seperti sekarang ini.

Maju ke tahun 1988, mouse optik dipatenkan di Amerika dengan nomor 4751505, atas nama Lisa M. Williams dan Robert S. Cherry. Praktis sampai sekarang ini, mouse tetap menggunakan teknologi optik sebagai penentu arah pointer.

Meskipun banyak yang menggunakan mouse, tetapi ada berbagai fakta unik tentang mouse yang sangat mungkin tidak diketahui sebagian besar orang. Apa sajakah itu? Berikut lima di antaranya. (Yahya Kurniawan)

Ekor di Belakang

Jika melihat bentuk mouse yang sekarang, mungkin ada yang bertanya mengapa “ekor” (kabel) mouse seolah terletak di bagian kepala. Bahkan sekarang pun sudah lazim dijumpai mouse tanpa ekor.

Namun sebenarnya mouse yang pertama kali diciptakan benar-benar memiliki ekor (kabel) di bagian belakang. Itu pulalah yang membuat alat penunjuk arah ini diberi nama mouse.

Berhubung mouse yang pertama diciptakan bentuknya cukup besar, cara memegangnya tidak seperti sekarang. Jadi kabel di bagian belakang mouse tidak mengganggu.

Ketika mouse mulai menggunakan bola, bentuknya mulai mengecil. Peletakan kabel di belakang menjadi mengganggu sehingga dipindahkan ke bagian “kepala” mouse.

Jumlah Tombol

Mouse pertama ciptaan Douglas Engelbart hanya memiliki satu tombol. Mouse dengan satu tombol ini bahkan masih dipertahankan oleh Apple. Sampai zaman modern ini sekalipun Apple tetap bertahan dengan mouse satu tombol tersebut, meskipun belakangan mereka mulai memproduksi juga mouse dengan beberapa tombol.

Adapun mouse yang dikembangkan oleh Xerox pada awalnya memiliki tiga tombol. Namun akhirnya direduksi menjadi dua tombol saja.