Find Us On Social Media :

Bikin Foto Jadi Keren, Ini Dia Aplikasi Edit Foto Gratis di Smartphone

By Rafki Fachrizal, Jumat, 3 Agustus 2018 | 17:00 WIB

Beberapa tahun belakangan, banyak bermunculan smartphone yang menawarkan fitur kamera dengan kualitas yang sangat baik. Resolusi kamera yang tinggi hingga fitur AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan digadang-gadang dapat menghasilkan foto menjadi lebih sempurna.

Namun demikian, kadang beberapa orang kurang puas dengan hasil foto dari smartphone-nya dan beralih dengan menggunakan aplikasi edit foto. Nah, soal aplikasi edit foto, berikut ada beberapa aplikasi gratis yang bisa dijadikan rekomendasi untuk melakukan edit foto via smartphone :

  1. PicsArt

Aplikasi rekomendasi pertama yaitu PicsArt, mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui aplikasi edit foto ini. Dengan tagline-nya “Make Awesome Picture, PicsArt mampu membuat hasil jepretan foto di smartphone menjadi lebih bagus dan menarik.

Bisa dibilang, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi edit foto yang serbaguna. Selain mampu meng-edit, mengkolase dan menggambar pada foto, aplikasi ini ini juga memiliki beragam fitur efek, filter dan juga stiker yang dapat mengeksplorasi sisi kreativitas penggunanya.

Selain itu, hal menarik lainnya yaitu aplikasi ini memiliki komunitas sendiri. Layaknya Instagram, pengguna bisa membagikan hasil fotonya langsung di aplikasi PicsArt. Disini, pengguna juga bisa melihat hasil edit foto orang lain dan memberikan like ataupun komentar.

Masih kurang puas dengan hasil edit-an sendiri? Pengguna bisa memanfaatkan fitur remix dan mengajak orang lain untuk memberikan sentuhan baru pada foto tersebut.

  1. Snapseed

Merupakan aplikasi edit foto di smartphone dari Nik Software yang kini telah diakuisisi oleh perusahaan raksasa teknologi, yaitu Google. Dengan aplikasi ini, memungkinkan bagi anda yang tergolong pemula dalam hal edit foto untuk menghasilkan foto layaknya edit-an profesional

Di aplikasi Snapseed sendiri, selain menghadirkan peralatan standar edit foto, aplikasi ini juga menyediakan 29 fitur dan filter, termasuk seperti healing, kuas, struktur, HDR, dan perspektif foto untuk setiap pengguna aplikasinya.

Beberapa kemampuan utama dari aplikasi ini diantaranya yaitu mengubah sudut gambar, menentukan posisi blur, dan juga menghilangkan noda. Tidak hanya itu, Snapseed juga mampu menjernihkan gambar yang buram menjadi lebih tajam dan berkualitas.

  1. Foodie

Sering mengambil foto ketika makanan dan minuman baru dihidangkan di meja? Jika iya, aplikasi ini cocok untuk anda yang suka melakukan hal tersebut. Diluncurkan oleh perusahaan aplikasi chatting Line, Foodie mampu mempercantik hasil foto berbagai makanan dan minuman dihadapan anda sebelum dibagikan ke media sosial.

Di  aplikasi Foodie sendiri, tersedia berbagai Filter yang dapat mengoptimalkan hasil foto makanan atau minuman yang ingin anda potret. Misalkan, ketika anda ingin memfoto es krim, roti, atau pizza, maka secara dengan otomatis filter di aplikasi akan menyesuaikan.

Nah, buat yang ingin belajar fotografi makanan atau minuman, aplikasi Foodie cocok menjadi pilihan. Dengan ukuran aplikasi yang hanya sebesar 33MB, aplikasi edit foto ini dapat di-install di perangkat Android. Selain perangkat Android, aplikasi ini juga tersedia untuk pengguna iOS.