Find Us On Social Media :

Acer Aspire GX-281: Desktop Gaming berbasis AMD Ryzen 7 1700X

By Dayu Akbar, Senin, 13 Agustus 2018 | 12:00 WIB

Acer menghadirkan beberapa varian PC desktop gaming melalui Aspire seri GX. Kali ini kami berkesempatan menguji Acer Aspire GX-281. Secara fisik, seri Aspire GX-281 mirip dengan Aspire GX-785 yang pernah kami uji.

Jika GX-785 berbasis Intel Core generasi ketujuh (Kaby Lake), GX-281 menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 1700X yang memiliki 8 core dan 16 thread. Prosesor dengan seri X ini memiliki kemampuan lebih bagi Anda yang ingin meningkatkan frekuensinya (overclock). Di antara keunggulan PC desktop gaming adalah kemudahan untuk melakukan upgrade komponen yang disesuaikan dengan motherboard yang digunakan. Motherboard-nya sendiri tentun menggunakan socket AM4 (1331).

Kartu grafisnya menggunakan AMD Radeon RX 480 dengan 4 GB GDDR5 yang sudah mumpuni untuk bermain aneka game pada resolusi Full HD. Dipadu dengan memori utama enam belas gigabyte, membuatnya mampu untuk menjalankan berbagai aplikasi maupun game yang rakus memori. Sebagai penunjang, media simpan pertama menggunakan SSD dengan kapasitas 256 GB yang akan membuat sistem bekerja lebih gegas. Untuk kebutuhan penyimpanan data yang lebih besar, disertakan media simpan kedua yakni hard disk berkapasitas satu terabyte. Tersedia pula optical drive untuk kebutuhan baca dan tulis media DVD.

Meski memiliki spesifikasi “garang”, tampilannya terbilang biasa. Bagian depan memiliki desain futuristik dan menyertakan atribut seperti lampu LED warna merah yang menegaskannya sebagai PC desktop untuk gaming. Dari sini Anda bisa menghubungkan perangkat dengan adanya port USB 2.0 dan USB 3.0. Begitu pula dengan port audio serta selot kartu memori SD.

Di bodi casing terdapat pula tulisan VR ready yang menandakan bahwa spesifikasi yang digunakan sudah mendukung perangkat virtual reality. Perangkat yang didukung seperti Acer Windows Mixed Reality, Oculust Rift, dan HTC Vive.

Yang unik, di bagian atas casing dekat tombol power, terdapat sistem pengisian baterai berbasis Qi, salah satu standard wireless charging, untuk memudahkan Anda mengisi baterai perangkat mobile tanpa kabel. Caranya cukup dengan meletakkan smartphone yang sudah mendukung teknologi tersebut.

Paketnya sendiri sudah dilengkapi dengan mouse dan keyboard nirkabel. Meski merupakan PC desktop gaming, kedua periferal tersebut menggunakan model standar dan bukannya varian gaming.

Sebagai PC desktop gaming, kinerjanya tentu saja sudah mumpuni untuk kebutuhan tersebut. Untuk melihat sejauh mana kinerjanya, kami melakukan pengujian menggunakan aplikasi uji yang biasa digunakan serta beberapa game populer. Untuk skor aplikasi uji yang biasa digunakan bisa dilihat dari tabel yang kami sertakan.

Adapun untuk pengujian game, kami coba menjalankan Rise of the Tomb Raider yang mewakili game berbasis DirectX 12 dan GTA V yang mewakili game berbasis DirectX 11. Dengan pilihan detail tertinggi (very high) dan pengaturan lainnya default, hasil pengujian menunjukkan skor 51,71 fps pada Rise of the Tomb Raider. Sementara GTA V dengan resolusi Full HD dan pengaturan lainnya default, hasil pengujian menunjukkan skor rata-rata di kisaran 58 fps.

Salah satu kemudahan yang ditawarkan PC desktop adalah masalah upgrade komponen, meskipun casing jenis mid tower ini berukuran sempit.

Seluruh output displai berasal dari kartu grafis. Adapun port I/O lainnya adalah port I/O dari motherboard.