Find Us On Social Media :

Kisah Menarik di Balik Perjalanan Panjang Media Sosial Hingga Sekarang

By Dayu Akbar, Kamis, 30 Agustus 2018 | 08:00 WIB

 

Perkembangan media sosial begitu signifikan dari tahun ke tahun. Ini ditandai dengan maraknya layanan serta aplikasi yang memungkinkan pengguna berinteraksi. Jika melihat kebelakang, cikal bakal media sosial sudah dimulai sejak pertama kali ditemukannya alat komunikasi sederhana, jauh sebelum internet hadir. Selain sebagai suatu wadah atau tempat di mana orang dapat berkomunikasi sesama pengguna secara tidak langsung, media sosial tidak lagi sebatas sebagai media pergaulan, tapi telah berkembang menjadi media informasi, komunikasi, interaksi, bahkan promosi di era digital dan bisnis online.

Cikal bakal (1844)

Samuel Morse pertama kali mengirim pesan melalui perangkat telegraf dari Washington D.C. ke Baltimore yang dianggap sebagai cikal bakal lahirnya media sosial. Pesan pertama yang dikirim bertuliskan “What Have God Wrought?”

Situs medsos pertama (1997)

Dari tahun 1997 hingga 2001, Six Degrees sebagai media sosial pertama mengklaim telah memiliki satu juta pengguna. Di media social, penggunanya dapat membuat profil dan menjalin pertemanan.

Update status pertama(1999)

Pada bulan Maret 1999, Brad Fitzpatrick membuat LiveJournal, komunitas online global yang dibuat untuk jurnal pribadi. Fitur yang membedakan LiveJournal dari blog kebanyakan adalah fitur daftar teman sehingga ia seperti gabungan blog dan jejaring sosial. LiveJournal menjadi media sosial pertama yang memungkinkan penggunanya bisa meng-update status, seperti yang dilakukn pengguna Facebook saat ini.

Kemunculan penantang baru (2002)

Friendster, sebagai salah satu situs media sosial generasi pertama, diluncurkan oleh Peter Chin, Jonathan Abrams, dan David Lee. Media sosial ini sempat menolak dana sebesar US$30 juta yang disodorkan Google. Dan ini dianggap sebagai salah satu blunder terbesar di Silicon Valley.

Terhubung dengan bisnis (2003)

Konsep jejaring sosial mengarah ke bisnis dengan hadirnya LinkedIn. Di LinkedIn, pengguna dapat mem-posting hal-hal yang berhubungan dengan urusan bisnis atau pekerjaan. LinkedIn menjadi cara yang populer bagi pebisnis untuk mencari karyawan baru atau bagi mereka yang hendak mencari pekerjaan. Hingga tahun 2004, LinkedIn memiliki satu juta pengguna dan 13 tahun kemudian memecahkan rekor dengan memiliki 500 juta pengguna.