Find Us On Social Media :

Daniel Zhang, Sosok Revolusioner dan Karismatik Penerus Jack Ma

By Adam Rizal, Senin, 10 September 2018 | 14:41 WIB

Alibaba Group pun menunjuk Daniel Zhang (CEO Alibaba Group) yang akan menggantikan Jack Ma sebagai Chairman Alibaba mulai 10 September 2019.

Alibaba Group langsung bergerak cepat mencari nahkoda baru untuk menggantikan sosok karismatik Jack Ma (Pendiri Alibaba) yang memutuskan pensiun sebagai Chairman of the Board Alibaba Group pada 10 September 2019 bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-55.

Dalam surat yang ditujukan kepada para pemegang saham dan pelanggan Alibaba, Ma mengatakan akan tetap berada di dalam struktur perusahaan sampai pertemuan tahunan pemegang saham Alibaba pada 2020.

Alibaba Group pun menunjuk Daniel Zhang (CEO Alibaba Group) yang akan menggantikan Jack Ma sebagai Chairman Alibaba mulai 10 September 2019.

"Daniel Zhang adalah pemimpin dan inovator bisnis internasional yang terbukti dengan rekam jejak yang kuat dalam memberikan hasil," kata Ma.

Zhang memiliki latar belakang keuangan yang kuat karena Ia mendapatkan gelar sarjana keuangan dari Shanghai University of Finance and Economics.

Daniel Zhang yang mempunyai nama daratan China Zhang Yong bergabung ke Alibaba Group pada 2007. Sebelum bergabung dengan Alibaba Group, Daniel menjabat sebagai Chief Financial Officer Shanda Interactive Entertainment Limited, pengembang dan operator game online.

Dari 2002 - 2005, Daniel adalah manajer senior dari Audit PricewaterhouseCoopers dan Divisi Penasihat Bisnis di Shanghai. Zhang juga pernah bekerja di kantor Shanghai Arthur Andersen selama tujuh tahun.

Pada awal karirnya, ia menjabat sebagai Chief Financial Officer (CFO) Taobao. Taobao sendiri merupakan salah satu anak usaha Alibaba yang menyerupai situs lelang eBay dengan fokus kepada barang elektronik.

Pada 2008, Zhang menjadi Chief Operating Office Taobao dan karirnya melesat pada 2011 dengan menjabat Presiden Tmall, platform business-to-consumer (B2C) milik Alibaba.

Di Tmall, ia sukses membuat terobosan program belanja tahunan 11 November Shopping Festival (Single's Day), terbukti pembeli menghabiskan sekitar USD25 miliar atau Rp372 triliun pada tahun lalu.

Event tahunan itu menjadi hari belanja offline dan online terbesar di dunia hingga sekarang, mengalahkan momen belanja serupa bonanzas di seluruh dunia, termasuk Black Friday di AS dan Hari Perdana Amazon, yang tahun lalu menghasilkan penjualan sebesar US$1 miliar.

Kesukesan Zhang memimpin Tmall membuat Alibaba Group kepincut menarik Zhang ke kantor pusat. Pada 2013, pria kelahiran 11 Januari 1972 itu menjabat sebagai COO Alibaba Group dan ia berperan mengawasi operasi bisnis Alibaba Group di Tiongkok maupun di luar negeri.