Find Us On Social Media :

Inilah 5 Tips Jepret Foto ala "Instagramable" dengan Ponsel Pintar

By Adam Rizal, Jumat, 21 September 2018 | 07:00 WIB

Ilustrasi tips ambil foto ala Instagramable

Tren mobile photography sedang menjamur di Indonesia karena pengguna smartphone di Indonesia sebanyak 67 persen dari total populasi atau sebanyak 177,9 juta penduduk. 

Apalagi, sebanyak 44 persen pengguna menggunakan ponsel pintar untuk mengambil foto.

Makan Tidak heran, platform berbagi foto seperti Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling populer di Indonesia, dengan total 53 juta akun instagram aktif, jumlah tertinggi dibandingkan negara-negara Asia Pasifik.

Renaldi Ahmad (Seorang Profesional dalam Mobile Photography) memberikan beberapa tips untuk mengambil foto yang bagus dengan smartphone dan layak menjadi foto yang "Instagramble".

"Tren mobile photography sangat besar di Indonesia dan rata-rata mereka pakai smartphone. Hasil fotonya pun sangat kreatif dan out of the box karena para fotografer mobile lebih bebas dan tidak ada beban. Berbeda dengan yang pro," katanya di Jakarta.

1. Susun Daftar Destinasi dan Objek yang Ingin Difoto

Pertama-tama, lakukan riset tentang destinasi liburan Anda, pilihlah tempat-tempat spesifik yang ingin dikunjungi sehingga Anda bisa merancang rencana perjalanan sesuai jadwal dan anggaran.

Setelah menyusun daftar destinasi, Anda bisa memulai membuat daftar objek yang ingin difoto, seperti bangunan bersejarah, festival, atau foto-foto jalanan bebas yang menggambarkan adat budaya lokal.

Daftar itu berfungsi untuk membantu Anda mengelola waktu agar memiliki kesempatan untuk mengambil foto semua objek dengan waktu yang ada.

2. Gunakan Rule of Thirds

Faktor komposisi berperan penting dalam membuat foto Anda terlihat lebih menarik. Salah satu metodenya adalah dengan menerapkan Rule of Thirds. Bagi bingkai foto menjadi 3x3 sehingga Anda memiliki sembilan bagian dengan ukuran yang sama.

Ketika Anda hendak mengambil foto, tempatkan objek foto utamanya (orang-orang, bangunan, atau makanan) di persimpangan antara kisi-kisi atau searah dengan garis pemisah antarkisi.