Find Us On Social Media :

Solok Smart City: Jadikan Pariwisata Sebagai Prioritas Smart City

By Administrator, Sabtu, 29 September 2018 | 12:30 WIB

Keindahan danau Solok yang jadi target Smart City

Udara sejuk dan pemandangan hijau sangat terasa begitu memasuki kawasan Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Kawasan yang merupakan salah satu sentra produksi beras terbesar di Sumatera Barat dengan nama Bareh Solok ini memiliki potensi pariwisata yang melimpah dan tidak dimiliki oleh daerah lain.

Sebut saja danau kembar yang terdiri dari danau di atas, danau di bawah dan danau Talang.

Selain itu, ada pula danau Tuo dan danau singkarak yang menjadi destinasi wisata-olahraga bagi pelaksanaan kejuaraan balap sepeda resmi dari Persatuan Balap Sepeda Internasionalt, Tour de Singkarak.

Pesona Gunung Talang yang masih aktif dan hamparan hijau kebun teh di kawasan Kecamatan Gunung Talang serta hamparan luas kawasan persawahan di banyak tempat di Kabupaten ini pun akan sangat mudah dijumpai.

Tidak berhenti di situ, masih ada puncak Gagoan nan cantik yang menjadi primadona Solok Utara.

Bupati Solok

Potensi pariwisata ini tentunya menjadi perhatian serius Bupati Solok dalam membangun konsep Smart City.

Menurutnya, dengan memanfaatkan teknologi informasi, Kabupaten yang berpenduduk 377. 292 jiwa ini akan lebih mudah di kenal oleh masyarakat Indonesia khususnya dan diharapkan juga akan menyentuh perhatian internasional.

Untuk mewujudkannya, Bupati Solok, H. Gusmal. Se, MM, mengaku telah membuat banyak program dan rencana.

Di antaranya seperti membenahi infrastruktur fisik pariwisata dengan membangun jalan inspeksi di sepanjang danau-danau yang ada.

Begitu masuk ke Ibu Kota Kabupaten Solok di Arosuka, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) juga tengah mempersiapkan infrastruktur untuk kawasan Taman Hutan Kota Wisata yang dilengkapi dengan Tamn Buah dan Masjid sebagai pusat pendidikan agama islam atau Islamic Center.