Find Us On Social Media :

Rawan Diretas, Intel dan ARM Kembangkan Sistem Keamanan Perangkat IoT

By Adam Rizal, Jumat, 19 Oktober 2018 | 10:00 WIB

Ilustrasi IoT

Tren Internet of Things ( IoT) nampak semakin subur. Namun perkembangannya juga diiringi dengan kritik, terutama soal lemahnya keamanan data komputasi.

Perusahaan semikonduktor sekelas Intel dan ARM agaknya mendengar kekhawatiran tersebut.

Kedua perusahaan yang biasanya bersaing itu belakangan memutuskan bekerja sama untuk meningkatkan keamanan di tengah-tengah pertumbuhan IoT.

ARM pada pekan ini mengumumkan telah mengadopsi standar dari Intel untuk keperluan pengaturan manajemen, koneksi, dan data perangkat IoT.

Ketimbang konsumen awam, kerja sama ini lebih ditujukan untuk mempermudah kalangan perusahaan dan komersial.

Intel mengumumkan telah memperluas Intel Secure Onboard ke perangkat berbasis ARM seperti dikutip The Register.

Vice President Software and Service Group dan General Manager IoT Security Intel, Lorie Wigle, mengatakan bahwa penyebaran perusahaan IoT sedang bergerak dari proyek pilot ke fase yang semakin nyata.

Hal ini berdampak pada pertumbuhan data yang akan semakin berharga ke depannya. Pengguna juga seringkali mengeluhkan masalah fragmentasi dengan IoT. Wigle pun mengamini keluhan pengguna tersebut.

"Sebagian besar penyebaran pelanggan kami bersifat heterogen. Banyak pelanggan yang meminta hal ini untuk dikerjakan bersama," jelas Wigle.

Skema kerja sama Tanpa kolaborasi dan metode terbuka yang memberikan keamanan untuk perangkat dan data di dalam komputasi, maka peningkatan keamanan yang dimaksud akan sulit terwujud.

Nantinya, Intel akan membagi sistem Secure Device OnBoard di produk ARM demi menunjang kemudahan para tim IT.

"Intel dan ARM telah menyederhanakan salah satu IoT yang paling kompleks, serta hambatan demi menyederhanakan alur manufaktur dan penyebaran keamanan untuk IoT," jelas Michela Menting dari perusahaan analis ABI Research.