Find Us On Social Media :

Smart City Morowali : Andalkan Keindahan Pariwisata Pulau Sombori

By Adam Rizal, Sabtu, 27 Oktober 2018 | 07:00 WIB

Ilustrasi smart city Morowali

Keindahan Pulau Sombori telah menjadi perbincangan banyak para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, khususnya para penikmat wisata bahari alam bawah laut.

Hanya saja aksesibiltas jalan dan infrastruktur fisik yang mendukung kegiatan kepariwisataan di Pulau yang terletak di Desa Mbokitta, Kecamatan Menui, Morowali, Sulawesi Tengah ini.

Dikenal sebagai Raja Ampat-nya Sulawesi, Sombori juga memiliki keindahan alam bawah lautnya.

Di Sombori, wisatawan akan menemukan aneka warna dan bentuk karang, serta pasir putih yang terhampar sepanjang garis pantai.

Bahkan, bila beruntung, gerombolan lumba-lumba atau hiu paus akan menjadi atraksi tersendiri yang tidak akan terlupakan.

Karena potensi wisata yang begitu besar ini, Pemerintah Kabupaten Morowali pun sangat ingin menjadikan Pulau Sombori sebagai salah satu ikon wisata yang melekat erat dengan Kabupaten Morowali.

Pasalnya, hingga saat ini, Pulau eksotis yang menjadi incaran pelancong tersebut paling sering dan mudah justru bila diakses melalui Kendari, Sulawesi Tenggara dan hampir seluruh paket wisata memberikan layanan keberangkatan muali dari Kendari.

Pembimbing teknis Smart City di Morowali

Untuk itu, Bupati Kabupaten Morowali, Drs. Taslim pun memasukkan pengembangan ifrastruktur Pulau Sombori ke dalam salah satu misi prioritas pemerintahannya.

"Kabupaten Morowali memiliki banyak sekali potensi alam, termasuk pariwisatanya. Hanya saja pengelolaannya yang masih buruk. Karena itu saya memasukkan pembenahan pariwisata ini menjadi satu dari tujuh misi pemerintahan saya,"terangnya.

Pulau Sombori ini memang sengaja dijadikan fokus program pemerintahannya agar keindahan Pulau Sombori bisa terkenal hingga setaraf internasional.

Beberapa program yang dimaksud seperti pemberian bantuan 2000 rumah bagi masyarakat miskin di wilayah Sombori untuk menjadi wilayah penyangga sekaligus berfungsi untuk fasilitas homestay untuk mendapatkan pemasukkan bagi masyarakat.