Alibaba Cloud, layanan komputasi awan dan data intelejen dari Alibaba Group, mendapatkan peringkat pertama pangsa pasar di pasar Asia Pasifik untuk IaaS (Infrastructure as a Service) dan IUS (Infrastructure Utility Services) selama dua tahun berturut-turut. Prestasi ini didapat berdasarkan laporan terakhir yang dikeluarkan oleh Gartner bertajuk Market Share: IT Services, 2018. Alibaba Cloud juga mempertahankan posisinya dalam tiga besar penyedia global untuk kategori yang sama.
Menurut laporan Market Share yang dirilis perusahaan analis global Gartner ini, Alibaba Cloud menguasai pasar Asia Pasifik untuk IaaS dan IUS dengan pangsa pasar 19,6% (naik 4,7% dari tahun 2017). Diikuti AWS di peringkat kedua dengan pangsa pasar 11% dan Microsoft di peringkat ketiga dengan pangsa pasar 8%.
Alibaba Cloud memiliki jaringan yang kuat di Asia Pasifik, dengan 15 zona ketersediaan di wilayah di luar Tiongkok daratan, meliputi Hong Kong, Singapura, Australia, Malaysia, Indonesia, India, dan Jepang. Alibaba Cloud menjadi satu-satunya penyedia komputasi awan global yang telah memiliki pusat data di Indonesia dan Malaysia, yang memberikan beragam pilihan produk komputasi awan dan analisa data.
“Sebagai satu-satunya perusahaan penyedia teknologi awan global yang berasal dari Asia, kami akan terus mendukung jutaan pelaku usaha melalui penyediaan infrastruktur kelas dunia, perangkat analisis yang canggih, serta ekosistem yang terus berkembang,” kata Lancelot Fuo, Vice President Alibaba Group dan Head of Strategy and Marketing Alibaba Group.
Alibaba Cloud telah mengembangkan komputasi awan dan data intelijen di Asia Pasifik sejak 10 tahun lalu, dan berhasil meningkatkan efisiensi biaya dan menurunkan hambatan lain bagi pelaku usaha di seluruh dunia untuk mengadopsi teknologi. Alibaba Cloud telah menjadi platform teknologi dan komputasi awan untuk publik (public cloud), yang menopang perekonomian Alibaba mulai dari e-commerce dan pembayaran, hingga logistik dan manajemen rantai pasokan (supply chain management).
Skalabilitas, keandalan, dan keamanan Alibaba Cloud adalah yang terpenting bagi bisnis Alibaba Group dan platform tersebut telah teruji dengan berbagai tantangan di dunia nyata tiap harinya, terutama selama Festival Belanja Global Alibaba 11.11, yang berhasil membukukan transaksi US$30,8 miliar hanya dalam satu hari. Usaha dan bisnis besar maupun kecil telah memanfaatkan teknologi yang sudah teruji ini untuk tumbuh dan berinovasi di seluruh dunia.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR