Traveloka menggandeng beberapa pengelola tempat wisata di Indonesia untuk membuat gerbang khusus supaya konsumen membeli tiket melalui platformnya.
Keunggulannya, pelanggan yang membeli tiket atraksi wisata dari platform Traveloka tidak perlu mencetak tiket yang mereka dapatkan melalui email atau menukarkannya ke loket, mereka dapat langsung memindai kode QR di gerbang tersebut.
"Ada pintu masuk khusus untuk (program) Easy Acces," kata Head of Experience Product Marketing Traveloka, Terry Santoso saat paparan di Jakarta.
Program Easy Acces dari Traveloka itu bukan hanya untuk mempermudah konsumen dalam mendapatkan layanan, melainkan juga membantu pengelola tempat wisata untuk mengadopsi teknologi terbaru yang dapat menunjang pelayanan yang mereka miliki.
Traveloka menyatakan saat ini mereka bekerja sama dengan sekitar 20 tempat wisata untuk gerbang QR code, salah satunya taman wisata Jatim Park di Jawa Timur.
Traveloka dalam waktu dekat akan meluncurkan sub-brand Xperience berupa kurasi dari produk dan layanan perjalanan maupun gaya hidup di dalam platform tersebut.
Sub Brand Baru
Traveloka akan meluncurkan sub-brand yang mereka namakan Xperience pada pekan ketiga Juni 2019 yang memungkinkan konsumen mereka menemukan referensi dan rekomendasi kegiatan di tempat tujuan wisata.
Xperience, yang mereka sebut sub-brand, mirip dengan produk fitur di Traveloka. Ikon Xperience berwarna koral dapat ditemukan di dekat ikon pemesanan tiket pesawat dan hotel di halaman muka Traveloka.
Traveloka membuat sub-brand Xperience untuk mengukuhkan visi mereka sebagai platform yang menyediakan layanan untuk perjalanan dan gaya hidup, bukan lagi terbatas hanya untuk perjalanan dan wisata.
Salah satu elemen yang penting bagi Traveloka adalah soal "discovery", menemukan kegiatan atau ulasan yang berkaitan dengan rencana perjalanan maupun gaya hidup.
Laman utama Xperience menampilkan beragam aktivitas dan produk yang disediakan mitra Traveloka. Tapi, mereka menyatakan Xperience bukan berupa marketplace melainkan konten yang mereka kurasi sendiri.
Pengguna dapat langsung memesan produk yang mereka inginkan melalui fitur Xperience, tidak perlu kembali ke laman utama lalu memilih produk fitur lain untuk membeli produk yang muncul di Xperience.
Pembayaran yang dapat digunakan di Xperience sama dengan pembayaran yang berlaku di Traveloka. Saat ini, Traveloka memiliki 40 cara pembayaran, termasuk cicilan Paylater.
Meskipun sub-brand, Terry menegaskan Xperience tidak menjadi entitas maupun aplikasi terpisah dari Traveloka.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR