Selama lima tahun terakhir, Kudo telah mencatat pencapaian yang cukup pesat untuk memajukan warung tradisional sampai ke pelosok negeri. Saat ini, Kudo telah berhasil memberdayakan lebih dari 2 juta agen di lebih dari 500 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Hal ini diungkapkan Agung Nugroho, CEO & Co-Founder Kudo, saat konferensi pers yang digelar Kamis 27 Juni 2019.
Ke depannya, melalui gerakan #MajuinWarung, Kudo berkomitmen untuk dapat memberikan akses digital kepada lebih banyak warung tradisional di tanah air serta melengkapi produk dalam aplikasi Kudo untuk membantu agar warung menjadi serba bisa melalui kerja sama dengan mitra strategis.
Kudo hadir sebagai sebuah aplikasi digital untuk memajukan warung tradisional di Indonesia. Didirikan sejak 2014, Kudo telah memberdayakan warung tradisional lewat teknologi dan membantu warung menjadi serba bisa. Mulai dari bisa berjualan apa saja termasuk pulsa, pembayaran tagihan, dan tiket perjalanan; bisa stok barang grosir untuk warung lewat aplikasi; bisa kirim dan setor uang; sampai menawarkan berbagai layanan keuangan digital; serta bisa membantu tetangga menjadi pengemudi Grab.
Saat ini, salah satu fokus Kudo adalah untuk memberikan layanan keuangan digital kepada masyarakat luas dengan keterbatasan akses digital dan perbankan. Dengan layanan kirim uang melalui jaringan agen Kudo hasil kolaborasi dengan BNI, Kudo ingin memberi manfaat bagi para pemilik warung yang adalah agen Kudo dan para pelanggannya untuk kirim uang tanpa perlu datang ke bank.
“Sepanjang tahun 2018 hingga saat ini, kami terus berfokus untuk menjangkau lebih banyak warung tradisional. Dalam periode tersebut, Kudo mencatat pertumbuhan agen yang signifikan yakni lebih dari 44% dari tahun sebelumnya dengan pertumbuhan paling pesat terjadi di lima provinsi yaitu Aceh, Bengkulu, Kalimantan Tengah, Gorontalo, dan Sumatera Barat. Dari segi jumlah transaksi, Kudo mencatat pertumbuhan yang signifikan sebesar 132%,” tambah Agung Nugroho.
Salah satu keunggulan Kudo yang sangat memudahkan warung tradisional adalah layanan belanja stok jualan warung (grosir). Lewat layanan grosir di aplikasi Kudo, agen dapat berbelanja stok barang dengan harga bersaing, jumlah SKU yang lebih beragam, serta bisa bayar di tempat atau cash on delivery (COD) tanpa batas maksimal transaksi. Hal ini tentunya memudahkan pemilik warung, karena mereka dapat menghemat waktu berbelanja stok warung tanpa harus menutup warung untuk sementara waktu.
Selain itu, agen Kudo bisa menerima barang yang dipesan dalam waktu yang sangat cepat, pesan hari ini dan besok langsung sampai. Kudo juga memiliki tim yang berperan sebagai konsultan warung yang secara berkala akan memberikan informasi yang bisa membantu warung untuk meningkatkan usahanya. Layanan grosir kini sudah tersedia di lebih dari dua puluh kota dan kabupaten di Indonesia.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Cakrawala |
KOMENTAR