Dialpad Inc dan LINE mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani memorandum of understanding (MOU) untuk membicarakan lebih lanjut mengenai pengembangan dan peningkatan teknologi AI, termasuk teknologi speech to text (STT) yang akan datang dan sedang dikembangkan dalam bisnis AI LINE, LINE BRAIN. Dialpad Inc sendir merupakan perusahaan penyediaan dan pengoperasian alat komunikasi bisnis pure-cloud Dialpad yang berpusat di San Francisco.
Dengan Dialpad, perusahaan akan dapat menyatukan segala komunikasi bisnis fundamental mereka (panggilan suara, panggilan video, rapat, pesan, dan banyak lagi) melalui satu alat saja. Sistem ini bekerja di berbagai macam perangkat, termasuk telepon kantor, komputer, dan smartphones.
Tahun lalu di Amerika Utara, Dialpad merilis versi Bahasa Inggris dari Voice Intelligence (VITM), menawarkan nilai tambah dari telepon dan alat komunikasi. VI menggunakan data suara secara real time yang bermanfaat untuk menunjang kegiatan pengguna, dengan potensi untuk meningkatkan komunikasi eksternal maupun internal dan juga peningkatan efisiensi, produktivitas, dan kualitas kerja.
Hingga saat ini, LINE telah bekerja untuk mengembangkan dan menggunakan asisten AI “Clova” serta menyediakan pengguna berbagai layanan yang diaktifkan melalui suara via smart display Clova Desk dan smart speakers Clova Friends.
Selain itu, LINE juga telah mengembangkan dan menerapkan berbagai teknologi AI seperti chatbots dan OCR ke dalam aplikasi LINE dan layanan lainnya. Dengan peluncuran bisnis baru LINE BRAIN ini, LINE telah mengumumkan bahwa mereka juga akan mulai menawarkan kepemilikan teknologi AI—termasuk Clova — kepada perusahaan lain.
Dibawah MOU, kedua perusahaan akan berdiskusi dan berkolaborasi mengenai pengembangan dan peningkatan STT untuk bisnis LINE BRAIN, dan juga teknologi AI lainnya. Untuk spesifiknya, LINE akan menggunakan data suara yang disediakan oleh Dialpad untuk mengembangkan dan meningkatkan STT dan teknologi AI. Sebagai timbal balik, LINE akan menyediakan Dialpad keakuratan mesin STT yang didesain untuk Bahasa Jepang.
Kedua perusahaan juga akan bekerja sama dalam pengembangan pengenalan suara dalam model telepon 8kHz di samping model telepon 16kHz yang lebih umum dan digunakan pada Clova saat ini. STT API yang dikembangkan dan ditingkatkan melalui inisiatif ini diharapkan dapat diterapkan secara luas di berbagai layanan, mulai dari mendukung pengoperasian call center, pemesanan telepon reservasi restoran yang otomatis, dan juga menyiapkan notulensi rapat.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR