Menurut riset yang dilakukan oleh Euromonitor International menunjukkan bahwa perilaku belanja masyarakat Indonesia telah bergeser ke arah jasa, salah satunya adalah jasa travel yang semakin meningkat setiap tahunnya.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah perjalanan wisatawan nusantara pada tahun 2018 tumbuh 12,37% menjadi 303,4 juta kali dibandingkan tahun sebelumnya.
Namun demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa merencanakan liburan bisa menjadi hal yang cukup merepotkan bagi sebagian orang. Mulai dari memesan tiket, transportasi darat selama berlibur, bahkan urusan pembayaran tagihan yang kadang terlupakan.
Beruntung saat ini kita hidup di era digital, dimana segala hal bisa dilakukan melalui genggaman. Bahkan urusan wisata pun bisa dilakukan hanya menggunakan satu aplikasi, seperti Grab.
Neneng Goenadi (Managing Director Grab Indonesia) menuturkan bahwa pihaknya ingin membuat pengalaman wisata pengguna menjadi lebih mudah, nyaman dan aman.
"Kami juga ingin mendukung program ‘Wonderful Indonesia’ dengan menghadirkan berbagai layanan yang bisa membantu wisatawan untuk menjelajahi keindahan Indonesia dengan lebih mudah,” jelas Neneng.
Berikut adalah delapan layanan Grab yang mendukung pariwisata Indonesia:
GrabCar Plus: Mitra pengemudi GrabCar Plus dipastikan memiliki rating bintang lima dengan mobil dengan kondisi terbaik untuk kenyamanan berkendara.
GrabCar 6-Seaters: Bagi para pengguna yang bepergian dengan keluarga atau sahabat, Grab menawarkan layanan GrabCar 6-Seaters dimana dapat mengakomodir hingga 6 penumpang dalam satu perjalanan dan bagasi hingga 80 kg.
GrabCar Airport: Kalau dulu para wisatawan masih susah untuk memesan layanan GrabCar di bandara, sekarang Grab telah menyediakan layanan GrabCar Airport agar para wisatawan bisa dengan mudah memesan GrabCar di wilayah bandara. Saat ini layanan GrabCar Airport telah tersedia di 14 bandara di Indonesia termasuk Soekarno-Hatta, Husein Sastranegara, Sultan Hasanuddin, Kualanamu dan bandara lainnya.
Sewa GrabCar: Grab juga memiliki layanan untuk menyewa GrabCar selama durasi waktu 2 sampai 12 jam. Layanan ini menawarkan fleksibilitas yang tinggi dan mengantar pengguna ke berbagai destinasi yang mereka inginkan selama jangka waktu sewa dengan biaya yang kompetitif.
GrabNow: Bagi pengguna yang sedang buru-buru, sekarang dapat menggunakan layanan GrabNow untuk naik GrabBike dimana saja dan kapan saja. Pengguna hanya perlu mendekati pengemudi yang sedang tidak mengambil pesanan. Dengan cara ini pengguna dapat menghemat waktu tunggu dibandingkan bila memesan dengan cara yang biasa.
GrabGerak: Layanan ini ditujukan khusus untuk para penyandang disabilitas dimana telah disediakan armada GrabCar khusus dan mitra pengemudi yang terlatih. Saat ini, layanan GrabGerak tersedia di Jakarta dan Yogyakarta.
GrabBajay: Grab juga melakukan sebuah inovasi dengan memberikan layanan GraBajay di Jakarta untuk para wisatawan yang ingin menggunakan moda transportasi yang unik. Selain GrabBajay, pengguna juga dapat mencoba GrabBetor di Medan dan GrabBentor di Gorontalo.
GrabWheels: Layanan skuter listrik ramah lingkungan ini telah hadir di berbagai tempat strategis seperti pusat perbelanjaan, bandara dan kampus. Pengguna dapat merasakan pengalaman berkendara yang berbeda dan baru. Saat ini dapat dicoba di The Breeze BSD, Terminal 3 Domestik Bandara Soekarno-Hatta, BintaroXchange, dan Universitas Indonesia.
Yang tak kalah penting, seluruh perjalanan bersama Grab dilindungi asuransi jiwa bagi mitra pengemudi dan juga penumpang.
KOMENTAR