Kemarin, 3 (Tri) Indonesia meluncurkan produk terbarunya yang diberi nama #CicilanPakaiPulsaTri. Produk ini ditujukan untuk kawula muda dan berupa paket internet bulanan atau paket data bulanan yang pembayarannya bisa dilakukan dengan cara mencicil. Pengguna akan ditagih secara berkala sebanyak empat kali dan bukannya melakukan pembayaran secara menyeluruh di depan. Produk ini ditawarkan 3 Indonesia untuk menjawab banyaknya kawula muda di Indonesia yang kesulitan membeli paket internet bulanan karena keterbatasan uang saku. Pasalnya, riset 3 Indonesia menemukan banyak dari kawula muda itu yang mendapatkan uang saku harian atau mingguan dan bukan bulanan. Dengan produk cicilan paket internet bulanan yang ditawarkan 3 Indonesia, mereka tidak perlu lagi beralih ke paket internet harian maupun mingguan yang secara akumulasi akan lebih mahal.
"Bahwa pelanggan 3 Indonesia itu adalah pelanggan anak muda. Sudah memiliki sekitar 38 juta anak muda Indonesia yang telah bergabung bersama dengan 3, 95% itu adalah pengguna smartphone dan sangat, sangat, sangat, sangat, sangat aktif di mobile internet," ujar Dolly Susanto (Chief Commercial Officer, 3 Indonesia). "Hari ini, dengan bangganya, 3 memberikan solusi kepada seluruh anak muda Indonesia yang keinginan super banyak, tetapi [ sulit terpenuhi - red] karena ada limitasi secara uang saku," sebut Dolly Susanto lagi.
Diklaim sebagai yang pertama di Indonesia, produk berupa cicilan paket internet bulanan ini hadir dengan tiga pilihan kuota data. #CicilanPakaiPulsaTri memiliki pilihan kuota 13 GB, 18 GB, dan 23 GB. Adapun jumlah pembayaran yang dilakukan, seperti telah disebutkan, sebanyak empat kali. Pembayaran pertama, kedua, dan ketiga, masing-masing untuk penggunaan selama tujuh hari, sedangkan pembayaran keempat untuk penggunaan selama sembilan hari. Kuota yang diperoleh untuk pembayaran berikutnya akan lebih besar dari pembayaran saat ini. Dengan kata lain, kuota terbesar akan diperoleh untuk pembayaran keempat, diikuti oleh pembayaran ketiga, pembayaran kedua, dan pembayaran pertama. Sementara, untuk jumlah rupiah yang harus dibayarkan, dua pembayaran awal yang paling mahal.
Ambil contoh produk dengan kuota 13 GB. Pembayaran pertamanya adalah sebanyak Rp20.000 dan mendapatkan kuota sebesar 1 GB. Pembayaran keduanya sebanyak Rp20.000 dan mendapatkan kuota sebesar 2 GB. Pembayaran ketiganya sebanyak Rp10.000 dan beroleh kuota 4 GB. Sementara, pembayaran terakhirnya sebanyak Rp10.000 dan beroleh kuota sebesar 6 GB. Tak heran 3 Indonesia menyebut produk #CicilanPakaiPulsaTri dengan "harga makin murah, kuota makin besar". Biaya total yang harus dibayarkan untuk produk cicilan paket internet bulanan 13 GB tersebut adalah Rp60.000. Kuotanya sendiri berlaku utuh, tidak terbagi-bagi, misalnya berdasarkan jam. Kuotanya juga tidak terakumulasi, misalnya kuota untuk pembayaran pertama yang tersisa tidak akan ditambahkan ketika melakukan pembayaran kedua. Dengan skema serupa, produk berkuota 18 GB ditawarkan dengan harga total Rp80.000, sedangkan produk berkuota 23 GB ditawarkan dengan harga total Rp100.000.
Untuk membeli produk ini, pengguna 3 Indonesia bisa melakukannya pada aplikasi bima+ maupun melalui *123#. Agar mudah menemukannya pada aplikasi bima+, pengguna bisa mencarinya dengan kata kunci cicilan. Saat sekarang, produk cicilan paket internet yang tersedia hanya untuk yang bulanan. Namun, 3 Indonesia tidak menutup kemungkinan akan menghadirkan produk #CicilanPakaiPulsaTri dengan durasi lebih lama dan/atau kuota lebih besar.
Selain memastikan saldo pulsa 3 Indonesia maupun dana metode pembayaran lain yang dimiliki cukup nilainya untuk pembayaran pertama, kawula muda Indonesia yang ingin membeli produk tersebut juga harus memastikan saldo pulsa 3 Indonesia maupun dana metode pembayaran lain yang dimiliki cukup nilainya ketika jatuh tempo pembayaran berikutnya. 3 Indonesia akan melakukan tiga kali pendebitan (satu pendebitan per harinya), dan bila sampai pendebitan ketiga masih gagal, langganan akan diberhentikan. Selama menunggu pendebitan berhasil, sisa kuota produk bersangkutan juga tidak bisa digunakan lagi.
Bila kuota produk cicilan paket internet bulanan ini telah habis, sedangkan durasi berlakunya belum selesai, misalnya untuk pembayaran pertama yang memberikan kuota paling kecil, pengguna bisa membeli produk lainnya untuk tetap terhubung ke internet. 3 Indonesia pun tidak akan melakukan perpanjangan otomatis untuk produk #CicilanPakaiPulsaTri.
KOMENTAR