Bagi kalangan masyarakat urban, kegiatan olahraga kini semakin dipermudah dengan adanya bantuan dari teknologi.
Tak heran, startup di bidang olahraga atau kebugaran pun terus bermunculan di Tanah Air saat ini.
Mengenai startup di bidang tersebut, salah satu nama baru yaitu Gelora.id. Dalam menghadirkan layanannya, startup ini menyediakan situs untuk menyelenggarakan aktivitas olahraga luar ruang.
Dibyanta Satari selaku CEO, Gelora.id, mengungkapkan bahwa olahraga luar ruang memiliki pasar tersendiri yang memang terus menunjukkan potensi berkembang yang semakin besar.
“Tren penerapan gaya hidup sehat yang dalam beberapa tahun terakhir terus berkembang tak dapat dipungkiri menjadi salah satu faktor pendorong olahraga luar ruang menjadi lebih populer. Namun, pada dasarnya jenis olahraga luar ruang seperti sepakbola, badminton, basket, dan lainnya memang memiliki pasar tersendiri yang cukup matang, terutama di kawasan urban seperti Jabodetabek,” jelas Dibyanta.
Lebih lanjut, Dibyanta mengungkapkan bahwa olahraga luar ruang memang memiliki keistimewaan jika dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya.
Ia mencontohkan untuk jenis olahraga sepak bola misalnya, untuk dapat bermain biasanya seseorang harus terlebih dulu mencari sekelompok orang lainnya yang memiliki hobi yang sama dan kemudian barulah menyewa lapangan untuk bermain.
“Hal ini terkadang sulit untuk kita lakukan, karena padatnya aktivitas dari masing-masing partner yang akan kita undang untuk bermain. Ditambah lagi mencari tempat lapangan yang bisa dipesan dalam waktu singkat,” ujar Dibyanta mencontohkan pengalaman yang biasa dialami penggiat olahraga sepak bola.
Berangkat dari contoh hal tersebut, Dibyanta mengungkapkan bahwa kehadiran Gelora.id bisa menjadi solusi tepat untuk memanjakan para penggiat olahraga luar ruang.
“Mereka (pengguna) bisa langsung memilih jenis olahraga yang diinginkan kemudian tempat olahraga yang sesuai dengan jarak kedekatan, tanpa perlu repot memikirkan partner untuk bermain. Di Gelora, para penggiat olahraga luar ruang bahkan bisa bertemu dengan komunitas baru yang pastinya lebih menyenangkan dan juga dengan mudah mengatur aktivitas booking sekaligus pembayaran lapangan secara online,” papar Dibyanta.
Baca Juga: Miliki Nilai Valuasi Besar, Deretan Startup Unicorn Ini Malah Bangkrut
Lebih lanjut, sejak meluncur sejak pertengahan Mei tahun 2019 lalu, Dibyanta menjelaskan bahwa jenis olahraga yang sudah tersedia di Gelora.id seperti basket, futsal, sepakbola, dan badminton.
“Total per bulannya, terdapat lebih dari 80 aktivitas olahraga yang dapat dipesan melalui website Gelora.id,” ujar Dibyanta.
Saat ini, lapangan olahraga yang telah menjalin kerja sama dengan startup ini masih berada di wilayah Jabodetabek.
Dari puluhan mitranya yang kini telah bergabung, beberapa contohnya yaitu Gelora Bung Karno (GBK) Arena Senayan, F7 Mini Soccer Simatupang, Buls Arena Panglima Polim, dan lain sebagainya.
Kolaborasi dengan GoTix
Demi memperluas pasar penggunanya, Gelora.id saat ini telah menggandeng GoTix, ticketing channel yang merupakan bagian dari LOKET.
Kolaborasi ini menghadirkan voucher khusus yakni Gelora+ yang dilengkapi dengan beragam penawaran menarik untuk para penggiat olahraga.
“Dengan memiliki voucher Gelora+, pembeli mendapatkan satu kali free trial serta Gelora+ pass, yang dapat digunakan untuk mengikuti aktivitas olahraga yang tersedia di laman website kami,” jelas Dibyanta .
Untuk memperoleh voucher ini, bisa didapatkan melalui GoTix yang tersedia di aplikasi Gojek dan halaman website go-tix.id.
Nantinya, penggiat olahraga dapat memilih voucher dari tiga jenis yang ditawarkan, yakni Gelora+ 2 pass, Gelora+ 4 pass, dan Gelora+ 6 pass, yang ditambah dengan satu kali free trial serta Gelora+ pass yang dapat dibeli hingga 31 Oktober 2019.
“Voucher bisa didapatkan mulai dari Rp99.000 di GoTix dengan masa berlaku hingga satu bulan dari tanggal pembelian,” pungkas Dibyanta.
Baca Juga: SkyeGrid: Pelopor Platform Cloud Gaming di Tanah Air
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR