Transaksi penjualan Global Shopping Festival 11.11 Tahun 2019 yang digelar Alibaba Group menembus angka 268,4 miliar Renminbi atau ekuivalen Rp538,5 triliun pada prosesi penutupan, Selasa (12/11/2019) pukul 00.00 waktu China Standard Time GMT +8.
Jumlah transaksi berbasis gross merchandise volume (GMV) ini lebih tinggi 25,7 persen dan mematahkan pencapaian Global Shopping Festival 11.11 tahun 2018 senilai 213,5 miliar Renminbi atau setara Rp 428,3 triliun.
Tak hanya transaksi penjualan, jumlah pemesanan yang diantar Cainiao Network juga mengalami lonjakan dengan angka 1.292 miliar paket.
Presiden Direktur Taobao dan Tmall Fan Jiang mengatakan, hari ini Alibaba menunjukkan kepada dunia bagaimana wujud masa depan konsumsi bagi brand dan konsumen.
“Kami memenuhi permintaan konsumen China yang semakin tumbuh dan membantu mereka meningkatkan gaya hidup, sambil memperkenalkan kepada para pengguna baru tentang ekonomi digital kami di seluruh China dan dunia,” kata Jiang.
Global Shopping Festival 11.11 tahun 2019 diikuti lebih dari 200.000 brand dengan 1 juta produk baru diluncurkan.
Penjualan 299 merek melampaui GMV 100 juta Renminbi, dan 15 dari total merek itu melampaui GMV 1 miliar Renminbi.
Merek terkemuka yang termasuk dalam kelompok tersebut adalah Apple, Bose, Estée Lauder, Gap, H&M, L’Oréal, Levi’s, MUJI, Nestlé, Nike, Philips, The North Face, Under Armour, dan Uniqlo.
Adapun 10 besar negara yang mencatat penjualan terbesar berdasarkan GMV yakni Jepang, Amerika Serikat, Korea, Australia, Jerman, Perancis, Inggris, Selandia Baru, Italia, dan Kanada.
Sejatinya, pergelaran pesta belanja online terbesar di dunia ini bakal menciptakan rekor-rekor baru.
Terbukti, gelaran pesta belanja baru berjalan 1 menit 8 detik saja sudah meraup angka penjualan 1,0 miliar Renminbi atau Rp 14,036 triliun.
Menyusul catatan-catatan baru lainnya yang dibukukan selama pelaksanaan Global Shopping Festival 11.11 Tahun 2019 berlangsung.
Di antaranya adalah dalam satu jam pertama, GMV dari transaksi yang dibayarkan dengan Alipay mencapai 12 miliar dollar AS atau setara Rp 168,45 triliun.
Dalam dua jam pertama, total GMV dari transaksi yang dibayarkan dengan Alipay adalah 18,32 miliar dollar AS (Rp 257,1 triliun).
Pencapaian GMV tersebut telah melampaui catatan GMV 11.11. tahun 2015 (RMB 91,2 miliar) dan 2016 (RMB 120,7 miliar).
Pada momen puncak, total pesanan pada festival belanja 11.11 mencapai 544.000 pesanan per detik, yaitu 1.360 kali lipat lebih banyak dari jumlah pesanan pada festival belanja 11.11 yang pertama kali diadakan tahun 2009.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR