TikTok, platform distribusi video singkat yang tengah naik daun, menyelenggarakan program “Sama-Sama di TikTok” untuk merayakan keberagaman di TikTok.
Program yang diluncurkan pada Jumat (28/2) lalu ini turut dihadiri oleh Perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, serta kreator-kreator TikTok.
Menurut YouGov, badan riset dan analisis data Internasional, terdapat lebih dari 50% anak muda Indonesia di atas 18 tahun yang memilih format video singkat untuk mencari inspirasi kreatif dan mengekspresikan kreativitasnya.
Latar belakang inilah yang diwujudkan melalui Program Sama-Sama di TikTok untuk merayakan keberagaman kreator, serta konten yang ada di TikTok.
“Selama lebih dari dua tahun ini sejak TikTok pertama masuk ke Indonesia, semakin beragam kreator dan konten yang muncul di TikTok, layaknya keragaman yang ada di Indonesia," tutur Angga Anugrah Putra (Head of Content and User Operations, TikTok Indonesia).
Program ini meliputi beberapa rangkaian kegiatan seperti #SamaSamaBelajar, dimana TikTok bekerjasama dengan beberapa universitas ternama di berbagai kota di Indonesia termasuk Bandung, Surabaya dan Yogyakarta untuk mengajak generasi muda untuk berkreativitas melalui video pendek secara aman.
Lebih dari itu, TikTok juga akan menyelenggarakan kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia bertajuk #SamaSamaBelajar, sebagai rangkaian dari program #SamaSamadiTikTok, untuk memberdayakan generasi muda di Indonesia untuk terus berkarya dan belajar di era digital.
“Kami mengapresiasi TikTok Indonesia yang terus mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi digital dan kreativitas generasi muda Indonesia," ujar Harris Iskandar ( Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah).
Menurut Harris, kemajuan teknologi di era 4.0 harus dibarengi dengan meningkatnya literasi digital generasi muda dan juga tenaga pendidik.
Harris mengungkapkan, pihaknya saat ini juga sedang mempersiapkan kolaborasi TikTok guna memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memajukan pembelajaran yang menyenangkan.
Melalui teknologi, TikTok menghadirkan filter, stiker, tantangan, hingga pustaka musik yang lengkap untuk mempermudah kreator dalam membuat video.
Hal inilah yang mendukung mereka berkreasi sesuai dengan bakat dan ketertarikan masing-masing. Pada akhir tahun 2019 lalu, TikTok merilis data mengenai keragaman konten TikTok, dimana komedi menjadi konten yang paling digemari, dilanjutkan oleh fashion & beauty, travel, kuliner, dan edukasi.
Peluncuran program Sama-Sama di TikTok ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari 28 Februari hingga 1 Maret 2020, dengan rangkaian kegiatan di berbagai booth dan panggung utama di Main Atrium, Kota Kasablanka, Jakarta.
Hingga berita ini ditulis, TikTok telah tersedia di lebih dari 150 pasar dan dalam 75 bahasa, dengan strategi lokalisasi yang gencar untuk mendorong pengguna menciptakan serta berinteraksi melalui konten yang relevan dengan budaya serta tren lokal.
KOMENTAR