Ericsson mengumumkan telah meluncurkan dua layanan terbaru berbasis kecerdasan buatan (AI) pada portofolio Network Services miliknya yang memungkinkan penyedia layanan komunikasi memastikan jaringannya selalu aktif serta memberikan pengalaman pengguna yang optimal.
Kedua layanan tambahan pada portofolio Ericsson yang terdiri dari Kecerdasan Jaringan (Network Intelligence) dan Omni Network Channel ini merupakan bagian dari Network Services Ericsson.
Layanan-layanan tersebut menggunakan AI, otomatisasi dan analitik prediktif untuk menangani masalah-masalah rumit yang dihadapi oleh penyedia jasa komunikasi. Kasus yang sering dialami antara lain pertumbuhan data secara eksponensial dan peluncuran teknologi-teknologi baru secara terus-menerus seperti 5G, transformasi digital, dan sumber informasi serta pengetahuan yang tersebar.
Kecerdasan Jaringan (Network Intelligence) merupakan layanan dukungan antisipatif berbasis AI, yang memungkinkan identifikasi dan penyelesaian masalah sebelum hal tersebut memengaruhi kinerja jaringan. Layanan tersebut mencegah pemadaman pada saat kritis dan menjamin kestabilan jaringan yang dibutuhkan untuk keberlangsungan layanan dan kinerja endto-end yang optimal.
Riset oleh Ericsson menunjukkan bahwa Kecerdasan Jaringan (Network Intelligence) mampu mengurangi insiden kritis hingga 35 persen dengan melakukan pengumpulan data selektif dan secara otomatis menangani masalah-masalah dengan rata-rata waktu lima menit sejak proses pengumpulan data.
Omni Network Channel adalah ruang kerja digital terpadu yang dirancang untuk interaksi antara penyedia layanan komunikasi dengan Ericsson. Layanan ini menjamin kemudahan navigasi, panduan bantuan mandiri dan kolaborasi tanpa gangguan. Ruang kerja ini meningkatkan kinerja jaringan dan kepuasan pelanggan melalui penanganan lebih cepat atas berbagai masalah operasional yang dihadapi oleh penyedia layanan komunikasi dan Ericsson.
Layanan ini juga mendukung penerapan teknologi terbaru seperti 5G, serta mendukung penyedia layanan komunikasi dengan peningkatan kemampuan karyawannya.
Kecerdasan Jaringan (Network Intelligence) dirancang untuk digunakan dengan produk Ericsson sebagai perluasan portofolio Network Services. Layanan tersebut melengkapi Ericsson Operations Engine, produk Ericsson untuk managed operations, desain dan optimasi jaringan, yang diluncurkan pada Januari 2019.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR