Instagram meluncurkan serangkaian pembaruan dan fitur baru di platform media sosialnya. Hal tersebut sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tengah situasi pandemi COVID-19.
Untuk menyediakan opsi pengantaran makanan bagi pelanggan, Instagram menambahkan mitra pengantar makanan pada stiker di fitur Instagram Stories.
Selain GrabFood, pemilik UMKM kuliner juga dapat memasukkan tautan bisnis mereka di layanan GoFood.
Warganet cukup mengetuk tulisan 'Pesan' di Stories untuk langsung melakukan pemesanan produk UMKM yang terhubung dengan akun GoFood maupun GrabFood.
Stiker pesanan makanan tersedia untuk akun bisnis Instagram di perangkat Android maupun iOS.
Mulai hari ini, Instagram juga meluncurkan stiker gift card di Indonesia untuk membantu UMKM memasarkan voucher diskon dari bisnis mereka.
Pelaku bisnis dapat menggunakan stiker ini di Stories, atau menambah tombol tindakan di profil bisnis.
Ketika pengikut akun mengetuk stiker di Stories atau di profil bisnis, mereka akan secara otomatis diarahkan ke laman mitra penyedia //gift card// Instagram.
Untuk menggunakan stiker ini, UMKM dapat bergabung dengan mitra penyedia gift card Instagram.
Saat ini, Instagram bekerja sama dengan gerakan sosial Support Local Brands yang diinisiasi oleh Tada, Moka, dan Gojek.
Gerakan tersebut berupaya mengantisipasi dampak COVID-19 terhadap UMKM lokal melalui penjualan gift card atau voucher diskon.
Vice President of the Global Business Group, APAC, Karen Teo, mengatakan bahwa UMKM adalah bagian penting dari pengguna Instagram.
Grup platform media sosialnya bertekad terus memahami tantangan-tantangan yang dihadapi UMKM selama masa sulit.
"Kami akan terus mengembangkan dan meluncurkan fitur-fitur serta inisiatif-inisiatif yang dapat menghubungkan UMKM dengan para pelanggan mereka untuk membantu mereka mempertahankan kelangsungan bisnis," kata Karen lewat pernyataan resminya.
Tidak hanya untuk pebisnis, Instagram juga menambahkan fitur stiker untuk pengguna yang menjadi konsumen.
Dengan menyematkan stiker "Dukung Bisnis Kecil" pada Stories, masyarakat Indonesia dapat mengekspresikan dukungan terhadap bisnis lokal.
Lindungi Data Kami!
Kebocoran data konsumen terus terjadi. Semua insiden tersebut memunculkan gugatan, mengapa hal ini terus terjadi? Dan apa yang harus dilakukan penyedia layanan untuk melindungi data konsumen dengan lebih optimal?
Ikuti webinar "Konsumen Menggugat: Lindungi Data Kami!" yang akan membahas semua aspek kebocoran data, dan langkah apa yang harus dilakukan konsumen untuk dapat melindungi data pribadinya.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Cakrawala |
KOMENTAR