vivo mengklaim sebagai vendor smartphone dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2020. Hal tersebut disampaikan vivo Indonesia hari ini. Berdasarkan laporan dari IDC akhir April lalu, secara global, vivo merupakan vendor smartphone dengan pengapalan tebesar kelima pada kuartal pertama tahun 2020. Namun, vivo menegaskan bahwa khusus untuk Indonesia, vivo merupakan vendor smartphone dengan pengapalan terbesar pada kuartal tersebut. Keberhasilan itu diyakini vivo tidak lepas dari kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap smartphone vivo. Adapun pada kuartal sebelumnya, vivo menduduki posisi kedua di tanah air.
“Pencapaian ini didapatkan juga tidak lepas dari dukungan masyarakat dan konsumen loyal vivo Indonesia. Bagi kami, ini merupakan sebuah indikator kepercayaan konsumen terhadap kami dari segala pihak seperti produk dan layanan yang kami tawarkan. Banyak terimakasih saya sampaikan,” ujar Edy Kusuma (Senior Brand Director, vivo Indonesia).
Secara global, pada kuartal pertama tahun 2020, vivo menduduki posisi kelima untuk pengapalan smartphone. Menurut IDC, vivo secara global mengapalkan sebanyak 24,8 juta unit dan memiliki pangsa pasar sebesar 9% pada kuartal itu. Sementara, untuk Indonesia, vivo mengklaim memiliki pangsa pasar sebesar 27,4% pada kuartal pertama tahun 2020 bersangkutan berdasarkan data IDC. Namun vivo Indonesia tidak menyampaikan besarnya pengapalan yang dilakukan untuk Indonesia.
Seperti diketahui bersama, kuartal pertama tahun 2020 memiliki situasi yang berbeda dibandingkan umumnya. Pasalnya, kuartal pertama tahun 2020 tersebut diwarnai dengan wabah COVID-19 yang masih berlanjut sampai saat ini. Berkat wabah COVID-19, pemerintah Indonesia pun mengimbau agar masyarakat Indonesia bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah; aktivitas luar ruangan menjadi terbatas, termasuk pergi berbelanja berbagai hal, serta perekonomian melemah. Alhasil, vivo mengambil langkah untuk bekerja lebih keras serta mengimplementasikan strategi yang berbeda dari sebelumnya agar bisa tetap meningkatkan penjualan smartphone-nya
vivo mengklaim telah mengambil tindakan sehubungan strategi barunya itu seperti memberikan lebih banyak lagi varian smartphone vivo yang bisa dijangkau lebih banyak masyarakat Indonesia, memperkuat jalur distribusi smartphone vivo, memastikan smartphone vivo tersedia di pasar, dan mengadaptasi cara penjualan smartphone vivo yang lebih sesuai. Yang terakhir ini antara lain dengan program Layanan Antar Ke Rumah, promosi menarik, dan kerja sama dengan sejumlah mitra.
KOMENTAR