Blibli memaparkan empat kategori produk yang paling banyak dicari pembeli di tengah situasi pandemi COVID-19.
Situasi wabah COVID-19 tentunya berdampak kepada tren berbelanja secara online. Imbauan #dirumahaja membuat konsumen mulai beralih ke platform e-commerce untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Selain pertumbuhan yang terjadi untuk kebutuhan produk makanan dan produk kebersihan sehari-hari yang banyak dicari pelanggan, Blibli juga mencatat pertumbuhan dari sisi kategori produk lainnya termasuk Komputer & Laptop, Peralatan Elektronik, Home & Living, dan produk Handphone & Tablet.
Keempat kategori produk tersebut menyediakan berbagai pilihan produk yang banyak digunakan untuk mengisi aktivitas sehari-hari di rumah. Secara bersamaan tentunya Blibli tetap memastikan bahwa layanan dan ketersediaan produk selama pelanggan berada di rumah dapat terus terpenuhi. Hal ini sesuai dengan komitmen Blibli untuk terus mengedepankan kepuasan pelanggan.
Berdasarkan data Blibli, berikut adalah tren-tren menarik dari 4 kategori di Blibli selama para pelanggan beraktivitas di rumah:
1.Komputer & Laptop
Di kategori ini, Blibli melihat adanya pertumbuhan positif yang terkait perubahan pola aktivitas bekerja dan mencari hiburan yang dilakukan pelanggan selama WFH, SFH, dan Stay At Home.
Blibli mencatat pertumbuhan untuk semua kategori produk Komputer & Laptop, dengan produk aksesoris komputer, printer & refill, dan juga peralatan gaming (termasuk gaming laptop) tercatat sebagai 3 produk dengan pertumbuhan tertinggi sejak diterapkannya WFH. Produk aksesoris komputer dan peralatan gaming mengalami pertumbuhan sebesar 2X Lipat bila dibandingkan sebelum diberlakukannya WFH.
2.Peralatan Elektronik
Kategori peralatan elektronik yang menyediakan kebutuhan perlengkapan elektronik rumah tangga juga mengalami pertumbuhan yang positif. Tiga produk yang paling banyak diburu oleh pelanggan untuk kategori ini adalah produk microwave & oven, produk perlengkapan dapur, dan juga perangkat kualitas udara yaitu produk air purifier.
Blibli mencatat pertumbuhan sebesar 3x lipat untuk produk microwave & oven selama berlangsungnya WFH bila dibandingkan sebelumnya. Hal ini tentu melihat dari tren perubahan prilaku pelanggan yang lebih banyak melakukan kegiatan di rumah khususnya untuk mempersiapkan makanan sehari-hari.
3.Home & Living
Kategori Home & Living yang menyediakan peralatan dan perlengkapan rumah tangga mencatat pertumbuhan selama masa WFH diberlakukan. Tiga produk yang paling banyak dicari oleh pelanggan selama masa WFH adalah produk perlengkapan dapur, perlengkapan ruang keluarga, serta peralatan taman dan aktivitas luar ruang. Blibli mencatat adanya pertumbuhan yang signifikan sebanyak 4x lipat untuk perlengkapan dapur setelah masa WFH berlangsung.
4.Handphone & Tablet
Dari sisi kategori Handphone & Tablet, data Blibli menunjukkan ada 3 produk yang paling banyak dicari selama pelanggan beraktivitas di rumah, yaitu produk wearables, produk komputer tablet, produk aksesoris handphone. Adapun pertumbuhan transaksi yang cukup signifikan selama masa WFH berlaku dibandingkan fase sebelum beraktivitas di rumah terlihat pada produk wearables yang tumbuh sebesar 3x lipat.
Wisnu Iskandar, Executive Vice President of Consumer Electronic Category Blibli menyampaikan,“Di situasi saat ini seluruh masyarakat tentunya terus mengikuti imbauan untuk tetap berdiam dan beraktivitas dari rumah. Di saat bersamaan pula kami melihat tren pertumbuhan positif terkait perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja yang mulai berpindah ke platform e-commerce yang sebelumnya ragu untuk bertransaksi secara online. Oleh karena itu, Blibli terus berkomitmen untuk menghadirkan berbagai pilihan produk dengan kualitas terdepan, fasilitas gratis ongkir, kemudahan pembayaran, dan juga menjaga keamanan data dalam sistemnya agar pelanggan Blibli dapat dengan dapat terus melakukan kegiatan rutin di rumah dan tetap dapat mengisi waktu luang di setiap harinya.”
Promo Ramadan
Selama bulan Ramadan ini, Blibli juga menghadirkan program promo bertajuk #RamadanLebihBaik. Promo Ramadan dari Blibli tahun ini menghadirkan berbagai macam promo menarik termasuk diskon hingga 90%, voucher belanja dengan total nilai miliaran rupiah, penawaran brand deals setiap hari, dan juga gratis ongkir untuk semua produk selama promo #RamadanLebihBaik berlangsung.
Selain itu pelanggan Blibli juga dapat memainkan gim Sebar Pahala yang dapat diakses melalui aplikasi Blibli di perangkat smartphone untuk meraih kesempatan mendapatkan berbagai macam voucher termasuk Voucher Kebaikan diskon hingga 90%, Voucher Bagi-Bagi Ketupat dengan nilai hingga Rp500.000, dan Voucher Mudik Online dengan nilai hingga Rp200.000.
Menyediakan kemudahan bagi para pelanggan selama berada di rumah sejalan dengan komitmen perusahaan terhadap kepuasan pelanggan. Blibli terus mengajak masyarakat untuk ambil bagian dalam upaya menangani penyebaran COVID-19 mulai dari hal kecil yaitu beraktivitas #dirumahsaja dan tetap menjaga kondisi kesehatan #KarenaSehatNo1 untuk #RamadanLebihBaik.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR