Jet Commerce, e-commerce enabler penyedia solusi e-commerce terpadu, mencatat peningkatan penjualan sepanjang Ramadan 2020 di berbagai platform e-commerce di Indonesia, dibandingkan dengan bulan Ramadan tahun lalu.
Beberapa kategori mengalami kenaikan nilai transaksi yang signifikan, seperti penjualan pada kategori Toys yang merangsek naik sebanyak 638%, kategori Pet Food naik 503%, dan kategori Mom & Baby yang naik sekitar 311%.
Kebijakan pemerintah yang mendorong masyarakat untuk tetap berada di rumah dan melakukan segala aktivitasnya dari rumah nampaknya turut memicu peningkatan penjualan berbagai produk penunjang aktivitas dan kebutuhan rumah tangga pada platform e-commerce.
Hal ini dibuktikan dari tiga kategori dengan jumlah pesanan tertinggi sepanjang Ramadan tahun ini, yaitu kategori Health & Beauty yang mencatat 34% pesanan, dan kategori Mom & Baby serta Electronic yang berkontribusi sebanyak 24% dari total keseluruhan penjualan Jet Commerce selama bulan Ramadan tahun ini.
Webber Chen, Chief Executive Officer Jet Commerce Indonesia, menjelaskan "Di bulan Ramadan, kecenderungan orang untuk berbelanja online biasanya meningkat. Namun seruan pemerintah untuk menghindari keramaian dan menerapkan physical distancing akibat mewabahnya pandemi covid-19 di Indonesia telah memicu masyarakat untuk semakin memanfaatkan e-commerce dalam memenuhi kebutuhan mereka selama Ramadan tahun ini."
Di samping itu, Jet Commerce juga menemukan beberapa insight atau pembelajaran menarik dari perubahan perilaku konsumen selama Ramadan di masa pandemi ini.
Sejalan dengan hasil riset terbaru yang dilakukan oleh iPrice bahwa terdapat pola belanja yang berbeda pada Ramadan tahun ini, Jet Commerce mencatat bahwa konsumen tidak mempersiapkan kebutuhan Ramadan jauh-jauh hari sebelum memasuki bulan puasa, seperti yang biasanya terjadi.
Hal ini ditunjukkan dari peningkatan tertinggi jumlah pesanan yang justru terjadi pada minggu pertama di bulan Ramadan, yakni meningkat sebanyak 54% dari jumlah pesanan seminggu sebelum memasuki bulan Ramadan.
Baca Juga: Anchanto Tawarkan Kemudahan Pengelolaan Bisnis E-Commerce On The Go
Jet Commerce juga menemukan fakta bahwa jumlah penjualan terbanyak terjadi pada minggu kedua dan ketiga pada bulan Ramadan tahun ini, yakni pada minggu kedua terjadi 27% penjualan dan pada minggu ketiga terjadi 29% penjualan dari total keseluruhan penjualan selama bulan Ramadan.
Puncak nilai transaksi tertinggi juga terjadi pada waktu yang sama, yaitu di tanggal 5 dan 11 Mei 2020 atau pada minggu kedua dan ketiga Ramadan, di mana merupakan periode utama masa kampanye Ramadan yang diselenggarakan berbagai platform e-commerce di Indonesia.
Dengan kata lain, konsumen turut memanfaatkan momentum kampanye untuk berbelanja online. Tidak hanya itu, waktu paling aktif bagi konsumen dalam berbelanja online selama Ramadan terjadi pada pukul 00.00 - 02.00 dini hari dan pukul 09.00 - 12.00.
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR