Di tengah situasi pandemi seperti saat ini, faktanya aktivitas masyarakat dalam berbelanja kini lebih banyak dilakukan melalui toko online (e-commerce/marketplace) dibandingkan toko offline.
Hal itu lantaran berbelanja di toko online dapat mengurangi risiko bertatap muka dengan orang lain dan penggunaan uang tunai saat bertransaksi.
Laporan Konsultan Global McKinsey menunjukkan adanya peningkatan pembayaran tanpa kontak (contactless payment) sebesar 26% di Indonesia selama bulan Juni 2020, sementara itu metode pembayaran lainnya seperti cash dan penggunaan kartu debit/kredit mengalami penurunan.
Dalam melakukan transaksi pembayaran di e-commerce, saat ini tersedia banyak pilihan metode pembayaran yang salah satunya kredit lewat platform kredit digital. Di Indonesia, salah satu platform seperti itu adalah Kredivo.
Selama masa pandemi ini, Kredivo mencatat peningkatan hingga 42% terhadap jumlah pengguna baru yang melakukan transaksi di e-commerce (periode Februari hingga Juni 2020) jika dibandingkan jumlah pengguna aktif di akhir bulan Januari 2020.
“Penetrasi kredit yang masih tergolong rendah di Indonesia menjadi salah satu faktor terbatasnya fleksibilitas pembayaran secara berkala bagi konsumen saat bertransaksi di e-commerce. Oleh karena itu, Kredivo telah bermitra dengan hampir semua merchant, termasuk berbagai e-commerce dan marketplace terkemuka di Indonesia, untuk memberikan fleksibilitas pembayaran secara berkala yang praktis dan aman,” papar Lily Suriani, General Manager Kredivo.
Baca Juga: Layanan Adira Insurance Kini Tersedia di Platform Fintech Modal Rakyat
Dilanjutkan Lily, platform kredit digital seperti Kredivo sendiri sudah memanfaatkan teknologi e-KYC untuk mempermudah proses kredit dengan proses pengajuan, verifikasi data, hingga persetujuan yang tanpa hambatan.
Kredivo juga telah menerapkan teknologi verifikasi data dan pendeteksi penipuan melalui sistem manajemen risiko industri yang mampu mencapai metrik risiko setaraf bank.
Selain teknologi, Lily juga mengatakan bahwa fitur-fitur yang dapat memudahkan masyarakat ketika bertransaksi di e-commerce juga telah dihadirkan Kredivo.
“Yang terbaru, salah satu fitur unggulan Kredivo adalah Zero-click Checkout, yang memungkinkan pengguna untuk membeli barang di e-commerce secara instan tanpa perlu login atau pindah ke aplikasi lain,” tutur Lily.
Di sisi lain, berbagai kemudahan yang dihadirkan dari transaksi secara digital juga terus menuntut masyarakat untuk dapat mengatur keuangan dengan lebih cermat.
“Memahami perilaku konsumen bukan hanya menjadi kunci untuk terus berinovasi, namun juga menjadi pedoman dalam melakukan edukasi guna mewujudkan masyarakat digital yang cerdas. Selain itu, prinsip responsible lending juga senantiasa kami terapkan agar membuat konsumen tetap bijak berbelanja di e-commerce,” tutup Lily.
Baca Juga: Pra-Install Adware yang Sulit Dihapus Hantui Ponsel Android
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR