Google hari ini mengumumkan 10 iklan YouTube terpopuler di semester pertama tahun 2020. Iklan apa sajakah itu? Apa tips membuat iklan Anda populer di YouTube?
"20 tahun lalu, dibutuhkan waktu 12 detik untuk kita bisa memperhatikan dan memilih apa yang ingin kita tonton. Tapi sekarang hanya 3-5 detik,” jelas Ishak Reza, Creative Lead, Google Indonesia. Oleh karena itu, menurutnya, hal terpenting dari video iklan kreatif masa kini adalah bagaimana visual dan audio di tiga detik pertama iklan tersebut dapat mencegah penonton menekan tombol skip.
Inilah tiga tips dari tim Google agar iklan bisa mencuri perhatian orang dalam tiga detik pertama:
1.Ekspresi dari jarak dekat (close-up)
2.Visual yang tidak biasa (misalnya: kucing yang bisa ngobrol, nyamuk raksasa)
3.Musik upbeat atau audio unik
Dan inilah sepuluh iklan terpopuler di YouTube sepanjang Januari - Juni 2020:
1.Lazada Birthday Sale, Belanja Nonstop Ditraktir Lazada tanggal 27 Maret
Lazada Indonesia
Durasi: 0:15
2.Shopee Big Ramadhan Sale | TANAM THR 10 M, Gratis Ongkir Xtra, dan Pasti Diskon 50%!
SHOPEE Indonesia
Durasi:0:30
3.#XperienceMore with Traveloka Xperience
Traveloka
Durasi: 0:42
4.imoo Watch Phone Z6 | Watch Phone Flip Pertama di Dunia
imoo Indonesia Official
Durasi: 0:50
5.This is #BintangSMA 2019 Winner!
PocariID
Durasi: 1:00
6.Cerita Rasa Teh Kotak
Teh Kotak
Durasi: 1:00
7.New Astra Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sirion #SeriusSerunya #SeriusHitsnya
Daihatsu Sahabatku
Durasi: 1:25
8.P&G #MaafIbuDiHidupku | #DiRumahAja dekatkan hati yang terpisah jarak, Ramadhan 2020 jadi spesial.
Pantene Indonesia
Durasi: 2:16
9.Emina Beauty Bestie Webseries - Episode 1
Emina Cosmetics
Durasi:7:35
10.Rumah Biru The Series | Episode 1 : "Buddy"
Solusi BCA
Durasi: 11:41
Perpaduan audio visual yang atraktif di tiga detik pertama dan unsur humor menjadi faktor pendukung dalam tingginya minat penonton untuk menyaksikan iklan-iklan semester pertama tahun ini.
“Di Traveloka Xperience, kami percaya bahwa pengalaman (experience) adalah momen yang berharga dalam hidup manusia. Oleh karena itu, kami senantiasa berupaya untuk memberikan inspirasi dan solusi untuk menemukan ribuan pengalaman seru yang dapat dipesan dengan mudah dan nyaman hanya melalui satu aplikasi, yaitu Traveloka. Komitmen Traveloka dalam memperkaya pengalaman pengguna ini kemudian bersinergi dengan pengembangan ide kreatif berbasis data yang mengedepankan konsep kearifan lokal dan kolaborasi tim yang menyeluruh sehingga membuahkan hasil karya terbaik berupa iklan #XperienceMore with Traveloka Xperience,” ucap Terry Santoso, Head of Marketing Traveloka Xperience.
“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Youtube. Penghargaan ini menjadi bukti bahwa iklan Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sirion berhasil menarik perhatian dan mendapat respon positif dari penonton YouTube, khususnya kaum milenial. Iklan ini hadir sebagai wujud ide kami yang ingin memberikan informasi menarik, unik, dan sebagai program Daihatsu untuk semakin dekat dengan pelanggan milenial,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor.
“Kami sangat senang iklan YouTube #BintangSMA 2019 Winner bisa menjadi Top 10 YouTube Ads di H1 2020. Ide Bintang SMA berasal dari bagaimana Pocari Sweat dapat menjadi relevan dan menginspirasi kaum muda untuk mencapai impiannya. Kami sangat terkejut bahwa iklan ini ditonton oleh lebih dari sepuluh juta penonton dan mendapat banyak tanggapan, beberapa dari mereka mengatakan terinspirasi oleh iklan dan kampanye kami” ungkap Puspita Winawati, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR