Di tengah situasi pandemi COVID-19, aktivitas masyarakat untuk mendapatkan produk makanan dan minuman nyatanya lebih banyak dilakukan secara online lewat pembelian di e-commerce atau marketplace.
Hal ini banyak dilakukan masyarakat mengingat belanja online dapat menurunkan risiko penularan virus di tempat ramai.
Sebagai upaya mempermudah masyarakat dalam mendapatkan produk makanan dan minuman secara online dengan harga terjangkau, Tokopedia sejak awal pandemi telah menggelar kampanye Tokopedia Nyam.
“Tokopedia Nyam juga bertujuan membantu para pegiat usaha di Indonesia yang berkecimpung di industri makanan dan minuman, terutama UMKM, mempertahankan bisnis dengan beradaptasi di tengah pandemi lewat pemanfaatan kanal digital,” ungkap Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia.
Baca Juga: Penjualan Sepeda Laris di Tokopedia, Kurang dari Semenit Laku 200 Unit
Lebih lanjut, data internal Tokopedia menunjukkan bahwa terdapat lima produk makanan dan minuman paling populer selama kampanye Tokopedia Nyam berlangsung. Kelima produk tersebut di antaranya:
1. Kopi Literan Merek Lokal
Tuku, Anomali dan Dua Coffee adalah tiga kreator lokal di bidang kopi yang meraja di Tokopedia Nyam.
Produknya kian digemari masyarakat selama pandemi. Anomali dan Dua Coffee bahkan mengalami peningkatan order harian masing-masing 3 dan 5 kali lipat.
2. Makanan Khas Korea
Makanan khas Korea, seperti tteokbokki dan jajangmyeon, menjadi lebih laris belakangan ini. Peningkatan penjualannya bisa mencapai lebih dari 5 kali lipat selama pandemi.
3. Nasi Mentai atau Spageti Panggang Kekinian
Nasi mentai atau spageti panggang kekinian juga tidak luput diburu. Momomaru sebagai salah satu produsen lokal nasi mentai mengalami peningkatan transaksi menjadi lebih dari 3 kali lipat selama pandemi.
4. Camilan Manis
Camilan manis, seperti dessert box dan kue ijo, menjadi produk yang paling banyak dicari masyarakat melalui Tokopedia Nyam.
Bittersweet by Najla adalah salah satu pegiat usaha dessert box lokal yang mengadopsi platform digital sejak pandemi (April 2020) dan telah menjual lebih dari 16 ribu produk. Bahkan 60% penjualannya berasal dari Tokopedia.
5. Buah dan Madu
Buah dan madu juga menjadi produk yang paling sering dibeli masyarakat di Tokopedia Nyam.
Peningkatan penjualan buah dan madu masing-masing mencapai lebih dari 3 kali lipat dan lebih dari 2,5 kali lipat selama pandemi. Dua produk ini sama-sama bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Baca Juga: Sebelas Tahun Tokopedia Menghadirkan Inovasi Digital di Tanah Air
Penjual di Tokopedia di sisi lain berhasil menciptakan peluang dengan melihat kebiasaan baru masyarakat selama pandemi. Termasuk menjadi lebih sering memasak di rumah untuk menjamin kebersihan makanan yang dikonsumsi.
Terbukti dari selama Tokopedia Nyam berlangsung, jumlah penjual makanan siap masak di Tokopedia meningkat hampir 3 kali lipat selama pandemi.
“Transaksi makanan siap masak juga tumbuh signifikan menjadi lebih dari 3 kali lipat jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi,” pungkas Ekhel.
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR