Pebisnis dan kreator Indonesia kini sudah mulai bisa menggunakan fitur belanja atau Instagram Shopping.
Lewat fitur ini, mereka bisa menjajakan produknya langsung lewat Instagram, layaknya menjajakan produk di marketplace.
Namun, ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum bisa menggunakan Instagram Shopping. Pertama, pebisnis, pelaku UMKM, ataupun kreator harus membuat toko melalui Commerce Manager.
Setelah memenuhi syarat dan berhasil mendaftarkan tokonya, pebisnis dan kreator harus mengajukan permohonan untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping. Caranya, buka laman profil lalu klik "Pengaturan".
Kemudian, pilih "Bisnis" dan klik "Siapkan Instagram Shopping". Ikuti langkah-langkah yang tertera dan ajukan peninjauan untuk akun. Pengajuan akan ditinjau lebih dulu oleh tim internal Facebook secara manual (human review) untuk meminimalisasi kesalahan. Oleh karenanya, proses peninjauan akan memakan waktu beberapa hari atau lebih lama.
Untuk melihat status peninjauan akun bisnis, buka menu "Pengaturan", lalu klik "Belanja". Apabila pengajuan disetujui, pebisnis dan kreator bisa segera mengaktifkan fitur Shopping.
Caranya, buka profil, kemudian klik ikon tiga baris di pojok kanan atas, kemudian pilih "Pengaturan". Selanjutnya, pilih "Bisnis" dan klik "Shopping".
Jika pilihan Shopping belum muncul, ada kemungkinan akun masih dalam tahap peninjauan atau permohonan ditolak. Apabila pilihan Shopping sudah tersedia, pilih "Katalog Produk" yang ingin dihubungkan dengan akun bisnis.
Lalu, tekan selesai dan fitur belanja di Instagram bisa langsung digunakan pebisnis maupun kreator menggunakan tagar Shopping dalam unggahan mereka.
Setelah produk terpajang, follower (pengikut) bisa melihat-lihat katalog produk dan membeli produk yang disukai.
Cara Belanja
Dari sisi pembeli, Instagram Shopping bisa ditemukan di feed akun Instagram gerai online atau kreator, dengan ikon sebuah gambar tas. Ikon tersebut berjajar dengan ikon galeri, IGTV, dan tagged di laman profil.
Ikon yang sama juga akan muncul di IGTV apabila produk dipromosikan lewat video IGTV. Di IGTV, ikon tas muncul di sisi bawah, sejajar dengan ikon sukai (like), komentar, dan bagikan.
Setelah mengeklik ikon belanja, pengguna akan disuguhkan katalog yang berisi produk, nama produk, serta harga.
Setelah memilih salah satu produk, klik "View on website" yang akan membawa pengguna ke situs resmi toko tersebut untuk menyelesaikan proses belanja, termasuk pembayaran.
Country Director Facebook Indonesia Pieter Lydian mengatakan, Instagram Shopping saat ini akan diluncurkan secara bertahap di Indonesia. Jadi, jika belum menemukannya, harap bersabar.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Cakrawala |
KOMENTAR