Baru-baru ini, perusahaan pembuat mobil premium BMW melakukan penandatangan perjanjian kemitraan strategis dengan Alibaba Group di Beijing, Cina.
Lewat kemitraan ini, kedua perusahaan akan saling memanfaatkan sumber daya masing-masing untuk menjalin kolaborasi komprehensif dalam berbagai bidang, seperti branding, pemasaran, distribusi, operasional, layanan, infrastruktur teknologi informatika, dan sebagainya.
Kerja sama ini bertujuan untuk mengimplementasikan strategi digitalisasi BMW serta menghadirkan pengalaman digital online-to-offline bagi para pelanggan BMW.
Jochen Goller, President and CEO of BMW Group Region China, mengatakan kolaborasi lintas industri dan pertukaran inovasi secara terbuka sangat diperlukan dalam mempercepat transformasi digital di perusahaannya.
“Sebagai salah satu perusahaan teknologi ternama di Tiongkok, Alibaba memiliki kompetensi unggul dalam hal teknologi digital, platform berskala besar, serta hal-hal operasional untuk melayani pelanggan. Kami sangat senang dapat bekerja sama untuk menghadirkan pengalaman digital online-ke-offline secara holistik bagi pelanggan di Tiongkok, dan pada saat yang sama meningkatkan portofolio produk dan layanan digital kami,” jelas Jochen.
Sementara itu, Jet Jing, Vice President of Alibaba Group and Secretary General of Enterprise Service for Alibaba Digital Economy, menjelaskan bahwa BMW menjadi pionir yang memulai transformasi digital untuk perusahaan otomotif, dengan menjadi produsen mobil pertama yang memanfaatkan Alibaba Business Operating System (ABOS).
“Sistem ini akan membantu mempercepat proses digitalisasi di seluruh segmen bisnis BMW. Tujuannya adalah agar BMW dapat menyediakan layanan komprehensif untuk para pelanggan, dan mengalami pertumbuhan yang pesat dengan memperluas jaringan serta melayani para pelanggan dengan lebih efisien,” terang Jet.
Lebih lanjut, menurut nota kesepahaman bisnis yang telah ditandatangani, BMW dan Alibaba akan bersama-sama meluncurkan bisnis penjualan dan layanan online pertama yang melibatkan dealer brand otomotif premium, untuk menciptakan pengalaman digital online-to-offline yang mulus.
Di masa yang akan datang, pelanggan dari platform online akan diarahkan ke dealer BMW untuk membuka peluang bisnis baru yang lebih besar.
Selain itu, dengan adanya sistem keanggotaan Alibaba, BMW akan meluncurkan layanan keanggotaan eksklusif dan kampanye pemasaran di berbagai platform online Alibaba, untuk meningkatkan kesetiaan dan interaksi pelanggan, serta mendorong pertumbuhan bisnis mereka.
Baca Juga: Alibaba Kenalkan Inovasi dan Fitur Baru di Festival Belanja 11.11
Layanan Satu Atap untuk Menciptakan Layanan Konsumen Lintas Bisnis dan Multi-Skenario
Dengan dukungan ABOS, BMW dan semua dealer-nya akan mempercepat transformasi digital mereka di Tiongkok, yang bertujuan untuk menyediakan layanan lebih nyaman, premium, dan personal bagi para pelanggan.
Ke depannya, pelanggan dapat membeli mobil BMW secara online, mendaftar sebagai anggota komunitas untuk mendapatkan keuntungan eksklusif, serta melakukan reservasi online untuk berbagai layanan, mulai dari test drive, perbaikan, hingga perawatan kendaraan.
Untuk membantu para pelanggan menentukan pembelian mobil, terdapat pula layanan online yang membantu menentukan paket pembayaran yang paling sesuai dengan kondisi keuangan pelanggan.
Di masa yang akan datang, BMW dan Alibaba akan bekerja sama dengan dealer untuk membangun sistem operasi BMW secara digital dari hulu ke hilir.
Nantinya pelanggan akan bisa melihat-lihat produk otomotif, membeli mobil, serta memesan perawatan mobil dengan mudah menggunakan platform Alibaba seperti Taobao, Tmall, Alipay, dan Amap.
“Digitalisasi ini bertujuan untuk membentuk kembali pelayanan yang berorientasi pada pelanggan,” imbuh Jochen.
Baca Juga: Hadirkan Ragam Inovasi di Aplikasi iOS, Tokopedia Diapresiasi Apple
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR