Mendorong pertumbuhan mitra merchant, Grab menyelenggarakan Konferensi Mitra Merchant Nasional pertama bertajuk “Buka Potensi Bersama Grab” yang diikuti oleh lebih dari 5.000 mitra merchant.
Mengusung tema “Sukses di Era Digital”, acara yang berlangsung selama setengah hari ini ditujukan untuk membekali pelaku bisnis skala kecil dengan keterampilan digital, pengetahuan, perangkat, dan dukungan untuk mendukung pertumbuhan bisnis online di Grab.
Acara konferensi ini diisi dengan ajang edukasi mengenai fitur dan produk terbaru pada aplikasi GrabMerchant, pertukaran pengetahuan dari para mitra merchant yang telah sukses, serta pemberian apresiasi atas kinerja mitra merchant pada tahun yang penuh tantangan ini. Selain itu, Grab juga membagikan kredit iklan gratis untuk para mitra merchant untuk mendukung pertumbuhan UMKM di platform Grab.
“Kami berkomitmen untuk memberdayakan pelaku usaha dari berbagai skala, bahkan yang terkecil sekalipun untuk bertransformasi dan berkembang secara online, dengan menyediakan mereka sejumlah solusi teknologi inovatif yang mudah digunakan dan dapat diandalkan, dukungan yang terbaik di kelasnya, serta program edukasi guna mengoptimalkan bisnis mereka. Konferensi mitra merchant kami yang pertama kali dijalankan ini menggarisbawahi semangat #TerusUsaha dalam mendukung digitalisasi UMKM Indonesia. Kami sangat senang melihat respon yang sangat baik dari para mitra merchant di acara ‘Buka Potensi Bersama Grab’ yang juga dihadiri oleh sejumlah Menteri dan ahli industri, ” kata Neneng Goenadi, Country Managing Director, Grab Indonesia.
Teten Masduki, Menteri Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia yang juga hadir dalam konferensi ini memberikan apresiasinya terhadap Grab. “Grab telah menjadi rekan strategis pemerintah Indonesia yang konsisten mendorong transformasi digital para pelaku UMKM selama pandemi COVID-19 sebagai upaya pemulihan ekonomi negeri. Inisiatif Grab yang dijalankan hari ini melalui konferensi 'Buka Potensi Bersama Grab' untuk para mitra merchant GrabFood terutama kalangan UMKM merupakan sarana pengembangan yang dibutuhkan agar mereka dapat lebih cepat beradaptasi dan berkembang dalam era ekonomi digital," ujarnya.
Grab juga mendukung gerakan #BeliKreatifLokal, sebuah program pilot dari inisiatif #BanggaBuatanIndonesia yang digagas oleh Pemerintah Indonesia untuk mendukung pertumbuhan UMKM dan ekonomi kreatif di tengah pandemi. “Saya meyakini bahwa kita perlu berkolaborasi, bersinergi, dan bergerak bersama untuk bangkit di tengah pandemi dengan cara menyesuaikan diri pada era digital. Mari kita #TerusUsaha dan memanfaatkan potensi yang ada untuk berkontribusi menjadi pejuang negeri dengan membantu mengerakkan dan memulihkan perekonomian nasional,” kata Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, yang juga hadir dalam konferensi.
Salah satu mitra merchant yang sukses mengungkapkan pengalamannya dalam berbisnis secara digital dengan dukungan Grab. Aussie Andry, pemilik Nasi Kulit Gokskin, mengakui manfaat digitalisasi bisnis. Aussie yang telah bergabung dengan GrabFood sejak Oktober 2019 mengungkapkan, “Awalnya, saya memulai bisnis hanya dengan satu toko untuk melihat respon pasar. Bergabung dengan GrabFood telah membantu ekspansi bisnis saya hingga 24 cabang dalam satu tahun. Bagi saya, GrabFood telah membantu saya menawarkan produk ke audiens yang tepat. Saya yakin Grab akan terus mendukung kami, para mitra merchant, dengan berbagai inovasi dan layanan yang akan semakin memudahkan kami dalam mengembangkan bisnis kami.”
Pada konferensi mitra merchant pertama ini, Grab mengumumkan sejumlah fitur dan inisiatif terbaru, termasuk:
Portal untuk mitra merchant: Portal terbaru GrabMerchant dirancang untuk melengkapi fungsi aplikasi GrabMerchant. Portal ini dapat digunakan para pemilik bisnis yang tidak selalu berada di lokasi toko untuk mendapatkan akses penuh atas data performa bisnis mereka. Portal GrabMerchant akan diluncurkan secara bertahap mulai Desember mendatang.
Layanan pesan instan yang lebih canggih: Grab akan memperkenalkan layanan pesan instan yang diperbarui dalam aplikasi GrabMerchant pada kuartal pertama 2020. Fitur ini mempermudah para mitra merchant untuk melaporkan gangguan ke tim bantuan Grab sembari tetap menjalankan bisnis. Dengan bantuan fitur ini, mitra merchant memiliki lebih banyak cara untuk menghubungi Grab ketika dibutuhkan.
Akademi online untuk meningkatkan kapabilitas para mitra merchant: GrabAcademy adalah portal satu pintu yang memberikan informasi mengenai fitur dan produk Grab yang dapat mereka manfaatkan untuk mendukung perkembangan bisnis mereka, serta berpartisipasi dalam berbagai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan digital dan kewirausahaan yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis online mereka. Fitur ini juga membantu peningkatan keterampilan dan membantu staf restoran baru untuk membiasakan diri dalam menggunakan aplikasi GrabMerchant.
Kredit iklan gratis untuk para peserta konferensi: Grab memberikan seluruh peserta Konferensi Nasional Mitra Merchant kredit iklan senilai Rp 150.000,- untuk digunakan di Pengaturan Iklan GrabMerchant. Para mitra merchant dapat menggunakan fitur Pengaturan Iklan untuk mengiklankan toko mereka dengan membeli sejumlah kata kunci pencarian yang dapat menambah visibilitas bisnis mereka. Dengan bantuan ini, Grab berharap para mitra merchant dapat bereksperimen dan memperoleh pengetahuan mengenai dari iklan online tanpa harus mengeluarkan anggaran.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR