Menjelang perayaan HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional) pada tanggal 12 Desember 2020, sejumlah perusahaan e-commerce di Indonesia secara serentak menggelar festival belanja akhir tahun.
Salah satu perusahaan e-commerce yang turut berpartisipasi dalam gelaran festival ini adalah JD.ID.
Bermula sejak tanggal 9 September, 10 Oktober, hingga pada 11 November, JD.ID bersama dengan para brand dan mitra seller menghadirkan berbagai penawaran menarik melalui program kampanye “HARJOYNAS” 11.11, mulai dari promo potongan harga, gratis ongkir, voucher belanja, pemberian harga spesial, cashback, dan lain-lainnya.
Pada pelaksanaan-nya program kampanye “HARJOYNAS” 11.11 tersebut, JD.ID mencatat peningkatan nilai penjualan hingga 1300%, jika dibandingkan dengan pelaksanaan program kampanye 11.11 pada tahun 2019.
Selama pelaksanaan program kampanye “HARJOYNAS” 11.11, JD.ID juga berhasil mencatat peningkatan lain, seperti halnya peningkatan jumlah barang terjual hingga hampir 150% yang diiringi oleh peningkatan nilai pembelanjaan rata-rata tiap pengguna hingga hampir 450%, jika dibandingkan dengan pelaksanaan program kampanye 11.11 pada tahun 2019.
Baca Juga: Produk Makeup di Aplikasi JD.ID Sekarang Bisa Dicoba Secara Virtual
Lebih lanjut, jika diurutkan berdasarkan jumlah barang yang paling banyak terjual, JD.ID juga melihat bahwa produk-produk yang termasuk ke dalam kategori Groceries & Health Care, Offline Store, Mother, Baby & Kids, Home Living, Phones, serta Tablets & Accessories merupakan kategori yang paling banyak menghasilkan penjualan.
Menanggapi soal program kampanye “HARJOYNAS” 11.11, Mia Fawzia selaku Marketing Chief JD.ID, menjelaskan, “Di tengah situasi pandemi, masyarakat memanfaatkan momentum festival belanja online dengan sebaik mungkin, seperti berbelanja kebutuhan sehari-hari dan pemenuhan kebutuhan gaya hidup. Masyarakat tidak lagi memanfaatkan pesta diskon besar-besaran hanya untuk berbelanja kebutuhan sekunder atau bahkan kebutuhan tersier.
“Melihat perubahan tren ini, JD.ID begitu optimis dalam mencapai target konsumsi yang lebih tinggi ke depan-nya, terutama dalam menyelenggarakan rangkaian pesta diskon meriah, yang puncaknya pada HARBOLNAS 12,12,” tambahnya.
Baca Juga: Kenaikan Penjualan Ecommerce di Indonesia Naik 25 Persen Saat Pandemi
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR