Mamikos mengembangkan layanan pengelolaan kos bernama Singgahsini yang dapat membantu para mitra Mamikos mengelola propertinya sehingga nilainya pun meningkat.
Bisnis properti hunian sewa sementara seperti kos merupakan bisnis yang menarik dan disebut-sebut bisa memberikan passive income yang stabil. Meski begitu sebenarnya pengelolaan bisnis kos tidaklah semudah yang dibayangkan. Pemilik kos seringkali dipusingkan dengan isu-isu pemeliharaan bangunan, interior, fasilitas, pengelolaan tagihan, pengelolaan uang operasional dan pengelolaan penjaga serta standar layanannya. Layanan pengelolaan kos Singgahsini berusaha menjawab tantangan tersebut.
Singgahsini sebenarnya adalah wajah baru dari Mamirooms yang merupakan anak brand Mamikos. Sejak diluncurkan pada bulan Januari 2019, kos Singgahsini telah tersebar di Jabodetabek, Bandung dan Jatinangor, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan Malang. Layanan pengelolaan properti yang ditawarkan Singgahsini antara lain:
1.Pemasaran kamar paling maksimal dari sisi eksposur dan kualitas listing Mamikos oleh tim Singgahsini
2.Pemasaran visual maksimal mulai dari pengambilan foto, video, virtual tour 360 oleh fotografer profesional, video tour kos oleh MamiChecker
3.Standardisasi fasilitas dan re-touch/re-design kamar oleh tim arsitek profesional Singgahsini
4.Pre-conditioning fasilitas kamar sebelum masa penjualan
5.Pelatihan operator atau penjaga kos dan pembuatan standard operating procedure (SOP)
6.Perawatan, pembersihan aset kos, dan perbaikan kerusakan fasilitas selama masa kerjasama
7.Pengelolaan balas-chat, penjadwalan survei, dan proses booking kos oleh tim Sales & Billing Singgahsini
8.Pengelolaan pembayaran dan penagihan secara digital melalui aplikasi Mamikos dibantu tim Sales & Billing Singgahsini
9.Penanganan komplain dan standar layanan oleh tim Hospitality Singgahsini
10.Laporan keuangan bulanan bisnis kos mitra Singgahsini
Co-founder dan CEO Mamikos, Maria Regina Anggit, mengatakan, “Layanan Singgahsini menyediakan pengelolaan properti end-to-end sehingga Mitra Mamikos tidak perlu khawatir mengenai operasional bisnis properti nya. Kami ingin membantu Mitra agar tetap bisa menjadi bapak atau ibu kos yang memberikan layanan terbaik bagi penghuninya di tengah kesibukannya. Selain itu kami juga ingin membantu mitra untuk memenuhi dan mempertahankan okupansi bisnis kosnya sehingga bisnis kos mitra bisa terus maju dan berkembang. Sejak 3-4 bulan mitra bergabung, Singgahsini berhasil memaksimalkan okupansi mitra hingga angka 70-100% dan mempertahankannya hingga bulan-bulan berikutnya. Angka tersebut pun bertahan di masa Pandemi. Rata-rata sejak bulan pertama bergabung, kos Singgahsini menarik 100 peminat potensial. Tidak hanya menguntungkan bagi Mitra Mamikos, para pencari kos yang menginginkan hunian eksklusif yang nyaman dengan fasilitas lengkap dapat terpenuhi melalui layanan Singgahsini,”.
Layanan dan properti kos Singgahsini mengusung tiga nilai: smart, comy, dan stylish untuk para penghuni kos-kosan.
Kedepannya, Singgahsini akan memperluas jaringannya hingga ke seluruh Indonesia untuk membantu lebih banyak Mitra Mamikos dalam memaksimalkan potensi pendapatannya dan memberikan hunian eksklusif yang nyaman bagi pencari kos.
Daniel (44) pemilik kos Singgahsini BSD di Tangerang bergabung dengan Singgahsini sejak November 2019. Sebagai wiraswasta, banyak kesibukan dan belum terlalu paham dalam mengelola kos menjadi alasannya untuk bergabung dengan Singgahsini. Menurutnya Singgahsini senantiasa membantu melalui pemasaran, pengelolaan kamar, hingga standarisasi interior, fasilitas, operator, pelayanan, serta teknologi pembayaran.
Sebelum bergabung dengan Singgahsini Daniel merasa kewalahan dalam mengelola serta bingung menagih pembayaran uang sewa kos yang berbeda-beda tanggal jatuh temponya. Dengan hadirnya Singgahsini, Daniel merasa mudah, efektif, dan efisien dalam pengelolaannya. Bahkan Daniel merasa beruntung bergabung dengan Singgahsini karena dalam waktu kurang lebih 3 bulan kamar kosnya penuh 100% meskipun sedang dalam masa pandemi. Daniel berharap, kedepannya Singgahsini semakin berkembang karena sangat membantu pemilik kos seperti dirinya.
Di masa pandemi, untuk mendukung mitra agar properti kosnya tetap aman dan diminati oleh calon penghuni, Singgahsini juga memiliki program Kos SEHAT. Program ini merupakan salah satu upaya untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan mulai dari penyediaan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di depan kos, cek suhu, edukasi untuk penggunaan masker bagi calon penghuni yang survei maupun yang sudah menetap, jaga jarak, penggunaan masker, pembersihan rutin dan penyemprotan disinfektan rutin, dan tersedia sanitasi kit.
“Hadirnya Singgahsini diharapkan dapat memberikan layanan auto-pilot dalam pengelolaan kos, membuat bisnis kosnya stabil dan lancar serta membuka potensi bagi Mitra Mamikos untuk terus mengembangkan bisnis kosnya. Dan tentunya dengan traffic Mamikos yang dominan di pasar pencari kos dan jutaan peminat kos yang mencari kos di Mamikos setiap bulannya, Singgahsini pun bisa memberikan layanan pemenuhan okupansi terbaik bagi mitra,” tutup Anggit.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR