Lebih dari 50 ribu produk UMKM Indonesia terjual setiap harinya ke pasar manca negara melalui platform e-commerce Shopee.
Bersinergi dengan pemerintah, Shopee telah mengimplementasikan program ekspor bernama “Dari Lokal untuk Global” sejak tahun 2019 dan terus berkembang hingga sekarang. Tahun ini, Shopee sukses menambahkan Filipina sebagai destinasi ekspor terbarunya, menyusul Malaysia dan Singapura.
“UMKM di Indonesia, secara tidak langsung merupakan salah satu bagian penting yang turut mendorong perputaran roda perekonomian Indonesia. Sehingga, kami sangat berterima kasih telah menjadi pihak yang dipercaya untuk berkolaborasi secara berkelanjutan dengan berbagai pihak Kementerian dan Instansi Pemerintahan selama satu tahun ke belakang, bergotong royong menciptakan ekosistem yang berpihak pada para pelaku bisnis kecil dan menengah. Kami berharap, Shopee dapat senantiasa memberikan performa yang optimal dari program-program pendukung UMKM binaan kami agar dapat secara efektif merealisasikan komitmen bersama dalam mendukung UMKM di Indonesia, sekaligus mendorong perputaran roda perekonomian secara maksimal ke depannya," tutur Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia.
Program ekspor ini digelar Shopee dalam rangka mendukung dan menjaga keberlangsungan UMKM binaannya di seluruh Indonesia. Program ini juga sejalan dengan gerakan Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan pemerintah.
Sementara itu melalui program Shopee Bersama UMKM, Shopee juga menyelenggarakan program edukasi dan pelatihan untuk UMKM.
Inilah beberapa pencapaian yang dicatatkan Shopee untuk program ekspornya:
1.Dukung UMKM lakukan ekspor
Shopee Indonesia berhasil mendukung UMKM binaan untuk dapat melakukan ekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina, dan akan merambah ke semua negara tempat Shopee beroperasi kemudian. Thailand dan Vietnam dicanangkan sebagai target ekspor di tahun 2021.
2.Puluhan ribu produk terjual di setiap hari
Tidak hanya mendukung UMKM untuk berhasil ekspor, Shopee juga telah berhasil mencapai lebih dari 50.000 produk UMKM yang terjual di setiap harinya melalui aplikasi Shopee Malaysia, Shopee Singapura dan Shopee Filipina.
3.Kategori favorit melalui ekspor Shopee
Shopee melalui program ekspor juga mendukung berbagai kategori favorit yang berhasil dipasarkan ke Malaysia, Singapura, dan Filipina, di antaranya Fashion Muslim dan Pakaian Wanita. Kegiatan ekspor ini didukung pula dengan adanya promosi dan/atau eksposur dalam hal pemasaran untuk UMKM lokal dalam program ekspor Shopee Indonesia, di Malaysia.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR