Lebih dari 50 ribu produk UMKM Indonesia terjual setiap harinya ke pasar manca negara melalui platform e-commerce Shopee.
Bersinergi dengan pemerintah, Shopee telah mengimplementasikan program ekspor bernama “Dari Lokal untuk Global” sejak tahun 2019 dan terus berkembang hingga sekarang. Tahun ini, Shopee sukses menambahkan Filipina sebagai destinasi ekspor terbarunya, menyusul Malaysia dan Singapura.
“UMKM di Indonesia, secara tidak langsung merupakan salah satu bagian penting yang turut mendorong perputaran roda perekonomian Indonesia. Sehingga, kami sangat berterima kasih telah menjadi pihak yang dipercaya untuk berkolaborasi secara berkelanjutan dengan berbagai pihak Kementerian dan Instansi Pemerintahan selama satu tahun ke belakang, bergotong royong menciptakan ekosistem yang berpihak pada para pelaku bisnis kecil dan menengah. Kami berharap, Shopee dapat senantiasa memberikan performa yang optimal dari program-program pendukung UMKM binaan kami agar dapat secara efektif merealisasikan komitmen bersama dalam mendukung UMKM di Indonesia, sekaligus mendorong perputaran roda perekonomian secara maksimal ke depannya," tutur Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia.
Program ekspor ini digelar Shopee dalam rangka mendukung dan menjaga keberlangsungan UMKM binaannya di seluruh Indonesia. Program ini juga sejalan dengan gerakan Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan pemerintah.
Sementara itu melalui program Shopee Bersama UMKM, Shopee juga menyelenggarakan program edukasi dan pelatihan untuk UMKM.
Inilah beberapa pencapaian yang dicatatkan Shopee untuk program ekspornya:
1.Dukung UMKM lakukan ekspor
Shopee Indonesia berhasil mendukung UMKM binaan untuk dapat melakukan ekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina, dan akan merambah ke semua negara tempat Shopee beroperasi kemudian. Thailand dan Vietnam dicanangkan sebagai target ekspor di tahun 2021.
2.Puluhan ribu produk terjual di setiap hari
Tidak hanya mendukung UMKM untuk berhasil ekspor, Shopee juga telah berhasil mencapai lebih dari 50.000 produk UMKM yang terjual di setiap harinya melalui aplikasi Shopee Malaysia, Shopee Singapura dan Shopee Filipina.
3.Kategori favorit melalui ekspor Shopee
Shopee melalui program ekspor juga mendukung berbagai kategori favorit yang berhasil dipasarkan ke Malaysia, Singapura, dan Filipina, di antaranya Fashion Muslim dan Pakaian Wanita. Kegiatan ekspor ini didukung pula dengan adanya promosi dan/atau eksposur dalam hal pemasaran untuk UMKM lokal dalam program ekspor Shopee Indonesia, di Malaysia.
4.Jutaan produk masuk ke dalam program ekspor
Ada 10 juta produk dari Indonesia telah masuk ke dalam program ekspor dan berkembang secara pesat dibandingkan tahun 2019 yang hanya dimulai dari 5.000 produk.
“Sebagai perusahaan e-commerce terdepan, kami kembali menegaskan peran dan fungsi kami sebagai penyelenggara program untuk mendukung keberlangsungan UMKM, sekaligus wadah untuk memperluas akses penjualan dan pemasaran secara digital. Gerakan Shopee Bersama UMKM yang telah kami hadirkan di sepanjang tahun 2020 dan program ekspor 'Dari Lokal untuk Global' yang kami giatkan merupakan awal dari inovasi lainnya yang akan dihadirkan Shopee untuk para UMKM binaan kami. Kami berharap perkembangan program ekspor yang merupakan salah satu fokus penguatan UMKM di masa sulit ini dapat terus didukung oleh berbagai instansi pemerintahan terkait, dan senantiasa berlangsung dengan optimal hingga seterusnya,” ujar Radityo Triatmojo, Head of Public Policy and Government Relations.
Pencapaian dan realisasi program yang telah diimplementasikan juga didukung oleh berbagai kampanye Shopee yang turut senantiasa secara tidak langsung mendukung produk lokal karya UMKM binaan. Salah satu kampanye yang sedang berlangsung saat ini setiap bulan pada tanggal 25-27 Desember adalah kampanye Shopee Gajian Sale. Menurut Shopee, kampanye inj merupakan bentuk konkrit dari upaya Shopee untuk menghadirkan akses ke berbagai kebutuhan esensial para pengguna Shopee, sekaligus memasarkan produk-produk lokal karya UMKM yang ada di aplikasi Shopee, dengan penawaran menarik yang diberikan, seperti Gratis Ongkir RP0, Flash Sale Serba 60RB dan Cashback Kilat sampai dengan Rp250 ribu.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR