Menutup tahun 2020, perusahaan marketplaceTokopedia mengungkapkan bahwa telah terjadi peningkatan jumlah pengguna di platformnya selama pandemi COVID-19.
Tercatat jumlah pengguna aktif bulanan Tokopedia saat ini mencapai lebih dari 100 juta, meningkat lebih dari 10 juta jika dibandingkan sebelum pandemi.
Tidak hanya jumlah pengguna, jumlah penjual pun diklaim turut meningkat. “Kini ada lebih dari 9,9 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100%nya UMKM. Artinya, ada kenaikan sebesar lebih dari 2,7 juta dari 7,2 juta penjual sejak sebelum pandemi Januari lalu,” jelas Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia.
Di sisi lain, Tokopedia juga mengungkapkan lima kategori produk dengan peningkatan transaksi paling tinggi menjelang akhir tahun ini. Apa saja itu?
Makanan dan Minuman: Transaksi untuk kategori ini meningkat lebih dari 3 kali lipat menjelang akhir tahun. Produk sembako lokal seperti madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras menjadi produk paling dicari masyarakat belakangan ini.
Kesehatan: Kategori Kesehatan juga meningkat lebih dari 3 kali lipat. Masker tetap menjadi produk yang paling diburu masyarakat.
Perawatan Hewan: Memelihara hewan ternyata menjadi hobi yang semakin naik daun. Ini mendorong peningkatan transaksi pada kategori Perawatan Hewan di Tokopedia menjadi lebih dari 3 kali lipat. Aquarium, makanan kucing, ikan dan anjing menjadi produk paling laris.
Buku: Selain memelihara hewan, membaca pun semakin diminati selama pandemi. Terlihat dari peningkatan transaksi pada kategori Buku di Tokopedia sebesar hampir 2,5 kali lipat. Buku pengembangan diri, karir, anak, novel non-fiksi hingga religi menjadi produk yang paling populer.
Pertukangan: Tingginya aktivitas di rumah mendorong masyarakat merenovasi rumah. Terlihat dari peningkatan transaksi kategori Pertukangan yang mencapai lebih dari 2,5 kali lipat. Kertas dinding, pompa angin, serta perlengkapan listrik seperti adaptor dan stop kontak merupakan produk yang paling diminati.
KOMENTAR