Terlepas dari tekanan ekonomi akibat pandemi, tahun 2020 nyatanya menjadi tahun penuh peluang dan capaian bagi startup insurance technology (insurtech).
Seperti yang di alami PasarPolis misalnya. Startup asal tanah air di bidang asuransi ini mengungkapkan telah berhasil menorehkan capaian luar biasa selama tahun 2020.
CEO dan Founder PasarPolis, Cleosent Randing, mengungkapkan, “PasarPolis mendapatkan lebih dari 4 juta pelanggan baru hanya di bulan Juni 2020 lalu. Dan baru-baru ini, juga mencatat bahwa ada sekitar 70 juta polis yang dikeluarkan setiap bulannya.”
Cleosent menambahkan, dampak positif luar biasa yang dihadirkan oleh teknologi telah dibuktikan secara nyata selama tahun 2020 lalu, terutama dalam menciptakan inklusivitas dan affordability (keterjangkauan) asuransi.
“Teknologi AI yang kami gunakan memungkinkan kami untuk menciptakan produk yang lebih mudah diakses dan dijangkau, serta proses klaim yang lebih instan. Lewat keunggulan ini, insurtech mampu menjawab tiga masalah utama yang menghambat industri asuransi, yaitu akses yang rumit, proses klaim yang ribet, dan premi yang tidak terjangkau,” ungkap Cleosent.
Baca Juga: Qoala: Andalkan Teknologi untuk Permudah Proses Klaim Asuransi
Selain itu, Cleosent mengungkapkan bahwa teknologi juga memungkinkan pelaku insurtech untuk menembus segmentasi masyarakat yang sebelumnya sulit tersentuh layanan asuransi.
PasarPolis sendiri mencatat bahwa 90% konsumennya adalah mereka yang sebelumnya tidak pernah membeli polis asuransi (first-time buyer), dan 40% pemegang polis PasarPolis merupakan pekerja sektor informal, seperti pengemudi ojek online, kurir, dan pelaku UMKM online.
PasarPolis pun optimis bahwa capaian positif yang sudah dibuat selama tahun 2020 akan terus bertambah dan tumbuh di tahun 2021.
“Tahun ini, melalui teknologi, insurtech harus mampu membangun pondasi lebih kuat lagi bagi industri untuk terus bergerak maju. Dengan adopsi digital yang semakin tinggi, masyarakat yang semakin terbiasa menggunakan platform digital, serta permintaan terhadap asuransi yang meningkat, kami yakin bahwa prestasi insurtech di tahun 2021 akan terus berkembang di tahun-tahun berikutnya,” pungkas Cleosent.
Baca Juga: Brand-brand FSI Ini Terbanyak Diperbincangkan Netizen Indonesia
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR