Setelah memperkenalkan trio flagship terbarunya yaitu Galaxy S21 series secara global pertengahan Januari lalu, Samsung Indonesia akhirnya secara resmi memboyong tiga seri flagship terbarunya yang terdiri dari Galaxy S21 5G, Galaxy S21+ 5G, dan Galaxy S21 Ultra 5G.
Trio flagship ini sekaligus jadi smartphone 5G pertama dari Samsung yang secara resmi meluncur di Indonesia. Namun karena jaringan 5G belum hadir di tanah air, teknologi ini masih belum dapat digunakan. Sementara jaringan ini sudah bisa digunakan dan aktif ketika digunakan di luar Indonesia selama negara tersebut sudah menyediakan jaringan 5G.
Teknologi 5G yang digunakan pada Galaxy S21 series untuk pasar Indonesia adalah teknologi Sub-6 yaitu teknologi 5G yang menggunakan frekuensi di bawah spektrum 6 GHz. Sementara Galaxy S21 series untuk negara lain menggunakan teknologi mmWave. Saat ini ada dua spektrum frekuensi 5G yang digunakan di seluruh dunia, yaitu mmWave dan sub-6GHz.
Secara spesifikasi, ketiga smartphone ini sama-sama menggunakan System-on-Chip Exyos 2100. SoC terbaru dari Samsung ini diklaim lebih kencang hingga 10 persen dan irit daya sekitar 20 persen dibanding chip teratas Exynos sebelumnya. Ini membuatnya bisa memproses grafis dan AI lebih maksimal dibanding generasi terdahulu.
Di bagian depan, trio Galaxy S1 mengadopsi desain Infinity-O alias layar dengan hiasan lubang kamera di sisi atas. Punya layar paling besar, Galaxy S21 Ultra 5G jadi satu-satunya yang mendukung stylus S-Pen dan jadi yang pertama kali dihadirkan pada seri Galaxy S. Meski punya ukuran layar berbeda namun ketiga menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x dengan refresh rate 120 hz.
Samsung menetapkan harga resmi Galaxy S21 5G mulai Rp. 12.999.000, Galaxy S21+ 5G mulai Rp. 15.999.000, Galaxy S21 Ultra 5G mulai Rp 18.999.000. Sementara untuk spesifikasi lainnya bisa dilihat di tabel berikut ini.
Untuk penjualannya, mulai tanggal 29 Januari - 14 Februari 2021, Samsung menyelenggarakan online Consumer Launch Galaxy S21+ dan S21 Ultra 5G di Samsung E-Store, Blibli, Eraspace, Lazada, Shopee, Tokopedia dan JD ID dengan keuntungan senilai lebih dari Rp3.000.000.
Dilanjutkan offline Consumer Launch pada tanggal 5–7 Februari 2021 di Central Park Jakarta dan Pakuwon Mall Surabaya, kemudian dilanjutkan pada tanggal 12-14 Februari 2021 di Kota Kasablanka Jakarta dengan keuntungan senilai hingga Rp4.600.000.
InfoKomputer secara rutin menyelenggarakan kelas online secara gratis untuk membantu meningkatkan kemampuan IT professional di Indonesia. Jika Anda tertarik, silakan daftar di sini.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR