Demi membantu korban yang terdampak bencana banjir yang melanda wilayah Nusa Tenggara Timur, operator seluler Telkomsel menghadirkan paket khusus bebas telepon kepada seluruh pelanggan di wilayah terdampak.
Paket khusus ini dapat digunakan untuk mengakses layanan bebas telepon dan SMS ke semua operator selama 50 menit dan 250 SMS untuk semua pelanggan prabayar Telkomsel.
Sementara pengguna kartu pascabayar (KartuHalo) akan mendapat akses layanan bebas telepon 100 menit ke sesama pelanggan Telkomsel. Seluruh paket khusus bebas telepon di atas memiliki masa aktif selama 7 hari sejak aktivasi dilakukan.
Perlu diperhatikan bahwa periode aktivasi paket berlangsung sejak 7 hingga 13 April 2021 dan berlaku maksimal satu kali aktivasi untuk tiap pelanggan.
Untuk mengaktifkan paket khusus bebas telepon, pengguna dapat mengakses menu UMB *888*20# atau dengan mengirimkan SMS dengan format ketik NTT yang dikirimkan ke nomor 8999 (untuk pengguna prabayar).
Sementara format SMS untuk pengguna pascabayar adalah NTTKH yang dikirimkan ke nomor 8999. Paket khusus ini dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan Telkomsel yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, termasuk Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Malaka, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Flores Timur, hingga Kabupaten Lembata.
Manager Corporate Communications Telkomsel Area Jawa Bali, Erwin Kusumawan mengatakan bahwa paket ini hadir sebagai bentuk bantuan Telkomsel dalam mempercepat proses evakuasi, khususnya untuk mengabarkan keluarga pelanggan Telkomsel yang terdampak.
"Paket khusus bebas telepon (hadir) agar proses komunikasi dan evakuasi di wilayah tersebut berjalan dengan lancar," ujar Erwin dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (10/4/2021).
Selain menghadirkan paket khusus bebas telepon, Telkomsel turut mengerahkan tim unit siaga bernama tim TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) yang bekerja sama dengan tim BNPB.
Tim gabungan ini berfokus untuk mempercepat proses berjalannya evakuasi serta membantu menyediakan posko bantuan bagi para korban yang terdampak. Adapun beberapa posko bantuan yang telah berhasil didirikan berlokasi di Kantor Walikota Kupang, Kantor BPBD Kupang dan Gereja Bethel Oespa.
Telkomsel juga turut menyalurkan bantuan sosial kemanusiaan berupa paket sembako makanan siap saji perlengkapan kebutuhan bayi dan perlengkapan protokol Kesehatan.
Sementara untuk urusan jaringan, Telkomsel masih terus berupaya dalam memulihkan layanan telekomunikasi yang berlokasi di beberapa area vital yang menjadi pusat penanggulangan bencana, seperti di Kantor Pemerintahan, Kepolisian, Posko Pengungsian, Rumah Sakit dan Posko BASARNAS.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR