Fitur live streaming atau siaran langsung di platform e-commerce kini telah berkembang pesat dan diprediksi memiliki nilai USD$19 miliar di Asia Tenggara pada tahun 2023.
Hal ini tentu dilandaskan dengan konektivitas yang lebih kuat, peningkatan pendapatan, hingga perkembangan layanan iklan, dan konten yang semakin beragam dari industri ini.
Menurut penelitian terbaru, konsumsi konten online harian di seluruh dunia telah meningkat sejak awal pandemi COVID-19, dimana tercatat adanya rata-rata dua kali lipat peningkatan, dari 3 jam 17 menit sampai 6 jam 59 menit.
Secara global, salah satu yang paling populer adalah tontonan dari kategori fashion dan beauty. Konten-konten ini menarik perhatian pelanggan dengan cara yang interaktif dan berperan penting pada industri retail e-commerce.
Melihat potensi dari fitur live stream, baru-baru ini platform Zalora resmi meluncurkan fitur live stream bernama Z-Live.
Diluncurkan bersamaan dengan perayaan kampanye ZALORA Big Fashion Sale, fitur ini hadir untuk memudahkan pelanggan berbelanja sembari menonton berbagai episode yang ditayangkan.
Z-Live merupakan bagian dari perjalanan atau pengalaman belanja pelanggan ZALORA, dengan membuka komunikasi dua arah antara pelanggan dan brand.
Dengan menghadirkan fitur interaksi real time ini, mitra brand ZALORA kini memiliki kesempatan untuk menjangkau pelanggan kapan saja dan di manapun mereka berada.
ZALORA Group CEO, Gunjang Soni mengatakan, “Peluncuran fitur live stream merupakan bagian dari rencana strategis kami yang lebih kuat guna menyatukan aspek konten, sosial, dan perdagangan secara bersamaan untuk menciptakan pengalaman belanja yang lebih menarik dan inspiratif di dunia fashion dan lifestyle.
Lebih dari transaksi komersial, melalui Z-Live, dijelaskan Soni bahwa Zalora ingin menyediakan konten yang relevan bagi kebutuhan para pelanggan.
Siaran langsung juga menurutnya dapat meningkatkan hubungan emosional yang kuat terhadap belanja online, di mana dapat menjembatani kesenjangan antara pengalaman belanja online dan offline seperti ketika menunjukkan sebuah produk, menjawab pertanyaan pelanggan, dan interaksi lainnya.
“Kami fokus dalam menghadirkan konten yang telah di kurasi kualitasnya, dan telah dikembangkan oleh tim ZALORA bersamaan dengan brand favorit pelanggan Asia Tenggara. Selain konten siaran langsung, pelanggan juga dapat mencari konten lain yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di Z-Live,” tambah Soni.
Kolaborasi dengan Teknologi BeLive
Dalam menghadirkan fitur Z-Live, Zalora berkolaborasi dengan teknologi BeLive, penyedia teknologi live stream asal Singapura.
BeLive merupakan pemain live stream utama sejak 2014, dan telah menjadi solusi untuk pelayanan live stream, dan kini membantu mengembangkan platform Z-Live dengan berbagai alat pendukung guna menyediakan pengalaman live stream terbaik.
“Belanja online secara langsung merupakan salah satu aspek terpenting dalam industri e-commerce, dan fokus dari Z-Live adalah menyediakan konten yang interaktif dan dapat di beli dengan mudah, di mana akan menjadi pengalaman yang baru bagi pelanggan,” ungkap CEO BeLive, Kenneth Tan.
“Kami sangat senang dan bangga dapat berkolaborasi untuk mendukung performa Z-Live, sehingga harapannya dapat membantu pertumbuhan industri retail bersama ZALORA,” tambah Tan.
Lebih lanjut, Z-Live memiliki 5 segmen live stream, di mana fokus pada berbagai kategori populer ZALORA, dengan penawaran eksklusif dan hadiah giveaway yang dapat dinikmati selama live stream berlangsung.
Ke-5 segmen itu di antaranya Friends In Fashion, Style Challenge, Beauty Files, Just For Kicks, dan Hot Sales. Setiap siaran akan berlangsung selama 30-60 menit.
Z-Live disiarkan secara langsung mulai 25 Juni dan pada episode pertamanya akan mengundang sederet selebriti dan influencer ternama di bidang fashion, beauty, dan lifestyle seperti Ayla Dimitri, Alika Islamadina, Karina Nadila, Aris Suhendra, Cindercella, Ben Kasyafani, Alva Susilo, dan Della Dartian.
Selain itu, akan ada pula penawaran dan konten menarik bersama brand-brand favorit seperti H&M, Adidas, PUMA, Marks & Spencer, Levi’s, ALDO, Hush Puppies, L’Oreal, Benefit, dan brand lainnya.
Baca Juga: Beli Produk di Zalora Sekarang Bisa Dicicil Pakai Paylater Kredivo
Baca Juga: Inilah Lima Tips Jualan Online di Platform Tokopedia untuk Pemula
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR