Popularitas layanan streaming musik YouTube Music terus memeningkat semenjak kelahirannya pada 2018.
Kini YouTube mengklaim jumlah pelanggan YouTube Music dan Premium menyetuh angka 50 juta pada Agustus lalu, termasuk pengguna pada masa uji coba (trial).
YouTube tidak menyebutkan secara spesifik jumlah pelanggan YouTube Music dan Premium.
Global Head of Music YouTube, Lyor Cohen, mengatakan pencapaian itu adalah tonggak sejarah bagi perusahaan. YouTube Music dan YouTube Premium berkembang dengan pesat di sejumlah negara seperti Korea, India, Jepang, Rusia, serta Brasil.
"Kami juga berinvestasi dalam fitur baru dan manfaat eksklusif untuk anggota kami," kata Cohen seperti dikutip Indian Express.
Jumlah pelanggan itu memang melonjak tajam sejak Desember 2020 lalu. Saat itu YouTube mengumumkan jumlah pelanggan platform music streaming-nya mencapai 30 juta pelanggan.
YouTube sendiri menawarkan paket berlangganan YouTube Music dengan harga termurah Rp49.000 selama satu bulan. Sementara itu paket YouTube Premium yang bisa digunakan untuk mengakses konten YouTube dan YouTube Music bebas iklan, harga paling murah dipatok Rp59.000.
YouTube Music menjadi senjata bagi YouTube untuk bersaing dengan platform music streaming lain, seperti Amazon Music, Apple Musicm dan Spotify.
Susul Spotify
Cohen sesumbar bahwa YouTube Music dan YouTube Premium diterima sangat baik di negara berkembang maupun maju.
Sebagai perbandingan, Spotify mengklaim memiliki 165 juta pelanggan pada kuartal II-2021, atau tiga kali libat lebih dari jumlah pelanggan YouTube Music. Capaian itu diraih Spotify setelah 13 tahun meluncur.
Sementara Apple Music yang diluncurkan tahun 2015, memiiki 78 juta pelanggan pada kuartal I-2021. Amazon Music Unlimited yang diluncurkan tahun 2016, memiliki 63 juta pengguna.
Saat pertama kali diluncurkan, analis dari Morgan Stanley memprediksi YouTube Music hanya akan memiliki 25 juta pelanggan hingga 2022. Prediksi itu muncul setelah melihat riwayat Google yang gagal dengan layanan musik alir sebelumya, yakni Google Play dan YouTube Red.
KOMENTAR