Perkembangan teknologi dan digital telah menjangkau berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya dengan kehadiran layanan perbankan digital. Tidak hanya menawarkan kenyamanan dan kemudahan, aspek keamanan juga menjadi fokus utama yang terus dikembangkan oleh berbagai penyedia layanan perbankan digital melalui penggunaan teknologi keamanan berlapis.
Demi mewujudkan ekosistem digital dan perbankan yang aman, diperlukan upaya kolaboratif antara penyedia layanan dan penggunanya. Dalam hal ini, penyedia layanan bertanggung jawab untuk mengembangkan keamanan yang berkelanjutan.
Di sisi lain, pengguna layanan juga perlu waspada untuk ikut membantu melindungi data dan dana miliknya agar tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Salah satu faktor penting untuk mewujudkan hal ini adalah adanya edukasi yang terintegrasi dan berkelanjutan agar dapat menjangkau masyarakat Indonesia lebih luas lagi.
Bertepatan dengan momen Hari Pelanggan Nasional, program kolaborasi kampanye edukasi #DatamuRahasiamu hadir sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Indonesia melalui rangkaian kegiatan edukasi keamanan oleh Jenius dari Bank BTPN, blu by BCA Digital, BCA, BNI, dan Twitter Indonesia. Program ini terinspirasi dari Bank Indonesia sebagai pencetus pesan keamanan bagi masyarakat Indonesia agar semakin waspada dari berbagai modus penipuan yang terjadi.
“Kami mendukung penuh kegiatan #DatamuRahasiamu dan terus menambah keamanan di Jenius. Agar pemahaman masyarakat mengenai keamanan semakin optimal, Jenius memperkenalkan laman www.jenius.com/pages/jeniusaman yang berisikan informasi keamanan digital terkini,” kata Irwan Tisnabudi (Digital Banking Head Bank BTPN).
Hal senada juga disampaikan oleh Duardi Prihandiko (Head of Marketing & Communication BCA Digital), yang menekankan dari sisi institusi sebaiknya memiliki sistem dan mekanisme yang teruji keamanannya, sedangkan dari sisi customer juga harus selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi finansial.
“Penting bagi masyarakat modern untuk selalu mengikuti perkembangan berita dan teknologi agar tidak memberi celah untuk oknum yang tidak bertanggungjawab. It always takes two to tango,” jelas Duardi.
Dalam momen yang sama, Rian Eriana Kaslan (Senior Executive Vice President Bisnis Digital BNI) turut menyampaikan ketertarikannya untuk terlibat dalam kolaborasi edukasi keamanan #DatamuRahasiamu.
“Kami sebagai pihak Bank juga memiliki tanggung jawab besar terhadap keamanan data rahasia nasabah, yang salah satu bentuknya dengan terus konsisten memberikan edukasi kepada nasabah terkait bahaya dari cybercrime. Harapannya dengan adanya campaign besar terkait Rahasia Data seperti ini, nasabah dapat semakin menjaga kerahasiaan datanya," ujar Rian.
Tak dimungkiri, modus kejahatan digital akan terus berkembang, namun risiko kerugian dapat diminimalkan dengan penambahan keamanan dari penyedia layanan dan peningkatan kesadaran pengguna layanan untuk terus melindungi informasi rahasia dan pribadi miliknya.
Program kolaborasi lintas institusi dan sektoral ini secara simbolis juga ditandai dengan penggunaan logo kampanye edukasi #DatamuRahasiamu. Ke depannya akan ada serangkaian kegiatan edukasi yang dilakukan oleh masing-masing bank dan institusi yang bergabung dalam kampanye ini, serta kegiatan bersama.
Harapannya, semakin banyak lagi mitra yang bergabung untuk menyampaikan edukasi keamanan #DatamuRahasiamu ini untuk menjangkau masyarakat lebih luas lagi, sehingga akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang paham akan perlindungan informasi rahasia dan pribadi miliknya.
Penulis | : | Indah PM |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR