Meluncurkan versi terbaru aplikasi Livin’ by Mandiri pada 2 Oktober 2021 lalu, Bank Mandiri menjanjikan aplikasi yang sama sekali berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Yuk, intip fitur-fitur barunya.
Konsep Cabang dalam Genggaman
Yang pertama, New Livin’ by Mandiri dihadirkan dengan konsep "cabang dalam genggaman", berikut layanan finansial yang komplit. Termasuk dalam aplikasi versi terbaru adalah integrasi layanan anak perusahaan Mandiri Group dan ekosistem digital favorit nasabah. Dengan demikian, seluruh kebutuhan nasabah dapat dilayani dengan satu aplikasi saja.
“Sebagai bagian dari transformasi Mandiri Digital, Financial Super App New Livin’ by Mandiri adalah langkah nyata untuk menghadirkan comprehensive banking experience, full suite financial services, dan open ecosystem bagi nasabah. Ini juga jadi bukti bahwa Bank Mandiri sudah mempunyai digital capabilities yang mumpuni untuk bersaing di digital market,” jelas Direktur Information Technology Bank Mandiri Timothy Utama dalam keterangannya, Senin (4/10).
Melalui New Livin’ by Mandiri, nasabah bisa melakukan pembukaan rekening secara online dalam hitungan menit, "hanya dalam kedipan mata". Disebut "dalam kedipan mata" karena nasabah memang perlu mengedipkan mata saat ia melakukan verifikasi identitas menggunakan liveness technology. Proses ini kemudian diikuti proses face verification yang terkoneksi langsung dengan database pencatatan sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Teknologi ini dipakai Bank Mandiri untuk mengenali calon nasabah sehingga tidak perlu melakukan video call, yang disebut Bank Mandiri digunakan oleh mayoritas layanan pembukaan rekening online lain.
Di New Livin’, dengan sekali login, nasabah bisa mengakses rekening tabungan, pinjaman personal, dan kartu kredit, serta terintegrasi dengan ekosistem digital favorit nasabah, seperti e-wallet. “Untuk Livin’ by Mandiri, satu akses saja cukup. Kita tidak ingin merepotkan nasabah dengan menyediakan multi-aplikasi ataupun user id yang berbeda-beda,” jelas Timothy.
Permudah Akses Transaksi Favorit & Pembayaran E-commerce
Fitur menarik lainnya memungkinkan nasabah melihat seluruh saldo e-wallet yang dihubungkan ke New Livin’. Nasabah tidak perlu lagi berganti-ganti aplikasi. Nasabah juga bisa top up otomatis saldo e-wallet. Layanan ini diklaim Bank Mandiri belum pernah ada sebelumnya di aplikasi perbankan manapun di Indonesia.
New Livin’ by Mandiri juga menghadirkan fitur Quick Pick untuk akses transaksi secara instan. Seluruh transaksi favorit nasabah dapat diakses melalui menu Quick Pick. “Kebanyakan mobile banking lain menyimpan transaksi favorit di masing-masing menu transaksi. Livin’ lebih praktis karena selain di masing-masing menu, semua jenis transaksi favorit juga bisa disimpan di menu Quick Pick. Butuh lebih instan lagi? Quick Pick juga bisa diakses di layar prelogin. Solusi ini sangat inovatif untuk mempermudah dan mempercepat eksekusi transaksi rutin nasabah,” Timothy menjelaskan.
Bagi yang akan melakukan pembayaran e-commerce Tokopedia, nasabah tidak perlu lagi repot copy paste VA (virtual account). Livin’ akan menampilkan informasi tagihan tersebut secara real-time dan nasabah hanya tinggal tap untuk bayar. Fitur yang dipelopori oleh New Livin’ di Indonesia ini akan memudahkan dan menghemat waktu nasabah.
Sebagai one stop payment solution, New Livin’ by Mandiri juga terhubung dengan lebih dari 1.800 partner pembayaran. Transaksi bayar melalui scan QR juga bisa dilakukan di Livin’. Semua jenis QR yang diterbitkan oleh Shopee, GoPay, OVO, LinkAja dan lainnya bisa dibayar dengan Livin’.
Sekarang Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu!
Fitur lain yang mungkin sudah lama dinanti para nasabah adalah Tarik Tunai Tanpa Kartu. Nasabah bisa melakukan tarik tunai di ATM sampai dengan maksimal Rp5 juta per hari tanpa perlu menggunakan kartu debit. Nasabah juga bisa membagikan token tarik tunai ke orang lain dan penarikan bisa di ATM Bank Mandiri terdekat. Fitur ini dihadirkan untuk melengkapi semua kemudahan yang ditawarkan oleh New Livin’ by Mandiri.
New Livin’ by Mandiri menyajikan dukungan penuh terhadap produk Mandiri E-money, di mana Bank Mandiri menguasai pangsa pasar lebih dari 70%. Melalui Financial Super App Livin’ by Mandiri, nasabah dapat melakukan express top up tanpa login dengan cepat dan aman karena kartu sudah didaftarkan sebelumnya. Selain itu, fitur cek saldo dan update saldo pun bisa dilakukan langsung di Livin’ pada smartphone ber-NFC.
New Livin’ by Mandiri juga menghadirkan fitur-fitur yang mengusung kepraktisan, seperti pembukaan goal saving dan deposito, pengajuan pinjaman personal dan kartu kredit secara online untuk nasabah terpilih dengan approval cepat, serta fitur-fitur unggulan lainnya.
Aplikasi Livin’ by Mandiri terbaru juga akan menyajikan informasi mengenai berbagai promo dari Bank Mandiri yang dipersonalisasikan khusus untuk nasabah dan bisa dilihat nasabah kapan saja. Salah satu promo terbaru adalah program undian dengan hadiah 100 BMW X1 serta 1000 Vespa Sprint dan Yamaha Nmax yang dihadirkan untuk turut memeriahkan peluncuran aplikasi New Livin’ by Mandiri bersamaan dengan hari ulang tahun Bank Mandiri ke-23.
Terapkan Konsep Agile untuk Percepat Rilis
Ingin menjadi sahabat terbaik dalam keseharian finansial nasabah, New Livin’ by Mandiri ditargetkan Bank Mandiri meningkat dua kali lipat dari sisi jumlah user mobile banking di akhir tahun 2021 dibandingkan tahun lalu.
Menurut Timothy Utama, New Livin’ by Mandiri dibangun sepenuhnya dengan konsep Agile yang memungkinkan Bank Mandiri terus menghadirkan fitur-fitur inovatif dalam rilis-rilis berikutnya. Bahkan, Bank Mandiri menjanjikan kehadiran fitur inovatif lainnya sebelum akhir tahun 2021.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR