Alibaba akan segera menggelar Festival Belanja Global 11.11 2021 yang lebih mengutamakan layanan dan produk ramah lingkungan.
Chief Marketing Officer Alibaba Group Chris Tung mengatakan tujuan Alibaba menyelenggarakan festival 11.11 tahun ini fokus pada inklusivitas dan keberlanjutan sehingga acara ini lebih bermakna bagi semua orang.
"Festival 11.11 bukan hanya acara yang ditujukan bagi konsumen, tetapi juga peluang besar untuk berinovasi dalam menemukan cara mengurangi jejak karbon," katanya.
Untuk pertama kalinya, Tmall akan menghadirkan kolom khusus untuk menampilkan produk dengan efisiensi energi dan minim dampak, serta mengeluarkan voucher “hijau” senilai RMB100 juta untuk memberikan insentif bagi konsumen agar bisa mendukung gaya hidup lebih ramah lingkungan.
"Alibaba akan berkolaborasi dengan brand mitra tahun ini untuk mengembangkan produk dengan jejak karbon yang lebih rendah dan kemasan bebas plastik yang dapat didaur ulang," katanya.
Sebagai informasi, Cainiao Network telah meluncurkan lebih dari 60.000 pusat pengumpulan dan daur ulang kemasan di seluruh Tiongkok, serta menyediakan 10.000 Cainiao Post Station bagi pengguna untuk dapat menggunakan kembali kemasan dari produk yang dibeli.
Alibaba juga menggelar program sosial Alibaba “Goods for Good” yang memungkinkan para konsumen untuk mendonasikan sebagian keuntungan dari pembelian mereka kepada organisasi sosial yang mereka pilih. Program “Goods for Good” berhasil memberikan lebih dari 43 juta bantuan. Beberapa diantaranya adalah menyediakan lebih dari 3 juta bantuan medis, memasang sistem penyaringan air di lebih dari 200 sekolah di daerah pinggiran, dan memberikan hampir setengah juta porsi makanan gratis bagi lansia yang tinggal sendirian di Tiongkok.
Liqing Zheng, Head of Marketing dari Festival Belanja Global 11.11 mengatakan Alibaba harus memenuhi kebutuhan 900 juta lebih pelanggan. Karena itu, Alibaba harus menciptakan pengalaman belanja yang lebih interaktif dan berdampak dari tahun ke tahun.
Alibaba menawarkan banyak program menarik dalam Festival Belanja Global Alibaba 11.11 tahun 2021:
Memulai periode pre-sale lebih awal: Tahun ini, 11.11 akan melanjutkan skema tahun lalu, dimana Alibaba menyediakan 2 periode penjualan agar konsumen juga bisa menikmati keuntungan berlipat ganda. Periode pre-sale dibuka empat jam lebih awal (biasanya dibuka di jam 12 malam) agar konsumen tidak perlu menunggu hingga larut malam untuk bisa berbelanja.
Menghadirkan diskon dan promo yang lebih besar: Perhelatan 11.11 tahun ini menghadirkan lebih banyak diskon dan promo, terlebih ketika membeli paket bundling dari beberapa toko sekaligus.
Memperkenalkan fitur sosial dalam berbelanja: Tahun ini, untuk pertama kalinya, Alibaba memperkenalkan fitur khusus yang memungkinkan konsumen untuk berbagi “keranjang belanja” dengan keluarga dan teman-teman mereka. Fitur ini beroperasi sejak tanggal 27 Oktober 2021.
Meluncurkan aplikasi Taobao “Mode Senior”: Sebagai bagian upaya inklusivitas, aplikasi Taobao telah meluncurkan “Mode Senior” pada bulan Oktober ini dan menjelang festival belanja 11.11, untuk mempermudah konsumen senior yang berbelanja di Taobao. Aplikasi ini memiliki font dan ikon yang lebih besar, navigasi yang lebih sederhana, dan teknologi perintah suara.
Tmall Global
Anita Lv, General Manager Tmall Global, memberikan penjelasan mengenai upaya Tmall Global dalam mengadopsi infrastruktur digital lintas batas untuk mengatasi tantangan rantai pasokan, dan bagaimana mereka memperkuat dukungan untuk brand dan mitra internasional, untuk membantu mereka memenuhi permintaan konsumen Tiongkok yang kian beragam terhadap produk impor.
Meningkatnya permintaan akan pembelian lintas batas: Karena adanya pembatasan perjalanan akibat pandemi global, banyak konsumen Tiongkok yang beralih ke platform jual-beli internasional seperti Tmall Global untuk membeli produk berkualitas dari brand internasional, dari rumah mereka masing-masing.
Salah satu contoh dari tren ini adalah meningkatnya produk impor sebanyak 25% YoY hinga RMB6,7 triliun selama Januari hingga Mei 2021 di Tiongkok.
Perilaku belanja yang lebih beragam: Tren jual-beli internasional mengarah ke brand yang lebih niche dan berkategori khusus. Misalnya, sebuah brand perlengkapan bayi asal Perancis di Tmall Global yang menawarkan shampo bayi tanpa bilas mengalami peningkatan penjualan 300% YoY pada paruh pertama tahun ini.
Keunggulan dan upaya inovatif oleh Tmall Global
Kapabilitas pemenuhan hulu-ke-hilir yang sudah matang: Didukung oleh kawasan pergudangan berikat seluas 20.000 meter persegi di Tiongkok, Tmall Global memiliki kapabilitas fulfillment yang matang dan mencakup manajemen pasokan dan rantai logistik secara keseluruhan, baik internasional hingga domestik.
Solusi berbeda untuk bisnis yang berbeda: Untuk brand luar yang memilih untuk tidak menjalankan toko flagship, Tmall Global menawarkan solusi ritel yang lengkap yang mengelola seluruh operasi ritel bagi brand, sembari mereka mengenali pasar Tiongkok.
Fitur “New Discoveries” untuk mendukung brand luar: Tmall Global sedang membangun kapabilitas KOC (Key Opinion Consumer) mereka untuk membantu konsumen Tiongkok mempelajari produk baru dari brand luar melalui konten video pendek dari fitur “New Discoveries”.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR