Platform marketplace Tokopedia terus menghadirkan sederet inovasi digital bagi lebih dari 11 juta UMKM lokal dan lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan, termasuk pengguna sistem operasi seluler Android dan iOS, untuk mengembangkan bisnis dan memenuhi kebutuhan harian di tengah pandemi.
Inovasi digital yang dihasilkan tidak lepas dari peran talenta digital muda Indonesia. Contohnya, Rico Harisin dan Tonito selaku Head of Engineering Tokopedia, dua Nakama (sebutan untuk karyawan Tokopedia) yang terlibat dalam proses pengembangan aplikasi Tokopedia dari nol.
Rico yang bertanggung jawab atas pengembangan aplikasi Android Tokopedia, mengatakan “Kami melihat perilaku pengguna dalam berbelanja dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI), machine learning, serta teknologi manajemen data untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi agar relevan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.”
Berkat kolaborasi dari Rico dan tim, pengguna Android dapat memanfaatkan berbagai fitur, termasuk Dark Mode, Chromecast Support, Voice Assistant hingga NFC yang memungkinkan pengguna bisa membeli dan update saldo kartu uang elektronik dengan lebih mudah dan cepat di Tokopedia.
Untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih nyaman, Rico dan tim juga menghadirkan teknologi Picture in Picture yang memungkinkan pengguna untuk menonton konten di kanal video streaming Tokopedia PLAY sambil berbelanja di platform Tokopedia di saat yang bersamaan.
“Ada juga Dynamic Features dimana aplikasi Tokopedia akan hanya mengunduh fitur yang benar-benar digunakan pengguna. Fitur ini bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat Android, mengurangi rata-rata ukuran aplikasi sebesar 27%, dari 49.9MB menjadi 36MB,” tambah Rico.
Sementara, Tonito yang bertanggung jawab atas pengembangan aplikasi iOS Tokopedia dari nol, pun mengungkapkan, “Tokopedia terus meningkatkan personalisasi dan rekomendasi, metode pembayaran digital dan sistem pengiriman yang disesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan konsumen Indonesia yang terus berubah terutama di tengah pandemi.”
“Salah satu inovasi terbaru kami, yaitu fitur Voice Over, mempermudah tunanetra pengguna Tokopedia dalam menggunakan aplikasi Tokopedia, baik dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga menciptakan peluang bisnis online, khususnya di tengah pandemi” tambah Tonito.
Melalui Widget Tokopedia di iOS 14 yang dihadirkan oleh Tonito dan tim, pengguna dapat merasakan kemudahan mengakses halaman utama Tokopedia tanpa harus membuka aplikasi. Kini, pengguna pun dapat mengakses aplikasi Tokopedia langsung dari Apple Watch mereka.
Selain itu, ada juga berbagai fitur seperti In App Events iPad Layout Optimization, NFC, hingga Shared Shopping yang memberikan pengalaman berbelanja melalui FaceTime sembari berbagi penggunaan aplikasi dengan teman.
Baca Juga: Lima Tips untuk Perempuan yang Ingin Berkarir di Perusahaan Teknologi
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR