Tencent Cloud, divisi cloud dari perusahaan teknologi global Tencent, menyelenggarakan Tencent Cloud Day pertamanya di Indonesia. Acara ini mengedepankan dampak transformatif dari solusi cloud, AI, media, dan fintech lewat kisah sukses dari perusahaan dan mitra lokal Tencent Cloud.
Acara yang perdana digelar tersebut dihadiri oleh para pakar dari berbagai pimpinan senior dari mitra-mitra Tencent Cloud seperti GoTo, Telkomsel, Allo Bank, Bank DKI, DANA, Ruangguru, Everywhere.id, serta lebih dari 500 tamu lainnya. Acara ini menyoroti diskusi mendalam tentang dampak AI, fintech, layanan media, dan solusi gaming di Indonesia.
Tencent Cloud menegaskan komitmennya untuk mendukung perusahaan lokal dan memperluas kapasitas cloud dengan mengumumkan rencana pengembangan data center ketiganya di Indonesia. Layanan infrastruktur baru ini akan melengkapi pusat data yang sudah ada, bergabung dengan jaringan global Tencent Cloud yang mencakup lebih dari 50 zona ketersediaan yang mencakup 21 wilayah, termasuk Indonesia.
Senior Executive Vice President, Tencent dan CEO, Cloud and Smart Industries Group (CSIG) Dowson Tong, menekankan, “Tencent Cloud tetap berdedikasi untuk memberdayakan perusahaan lokal guna mendorong inovasi, meningkatkan daya saing, dan mencapai sasaran bisnis dengan solusi cloud, AI, dan media yang canggih. Keputusan kami untuk membangun pusat data ketiga di Indonesia didasari oleh iklim perekonomian yang dinamis dan populasi Indonesia yang melek digital. Kedua hal tersebut akan menjadi dasar pengembangan pusat bisnis dan inovasi yang siap menyambut masa depan.”
Penguatan Ekonomi Digital Indonesia di Berbagai Sektor Utama
Saat ini, sektor jasa keuangan Indonesia berada di garis terdepan transformasi digital dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan inklusi keuangan dan interoperabilitas lintas batas, sekaligus mengatasi tantangan sistem lama dan ancaman keamanan transaksi.
Pertumbuhan ekosistem digital Indonesia mencerminkan perkembangan Tencent Cloud yang berkelanjutan. Tencent Cloud terus memperkuat keahliannya dalam mendukung transformasi digital bagi jaringan mitranya di seluruh layanan keuangan, media digital dan hiburan, serta sektor telekomunikasi dan jasa.
Sebagai pelopor di ranah superapp, GoTo telah menetapkan tolok ukur industri untuk ekosistem digital di Indonesia. Dalam acara bincang santai tentang pemberdayaan ekonomi digital Indonesia, CEO GoTo Patrick Walujo menekankan visi perusahaan untuk lanskap digital yang kolaboratif.
“Membangun ekosistem digital yang sinergis membutuhkan kemitraan dan inovasi yang kuat. Kolaborasi kami dengan Tencent Cloud membantu kami memanfaatkan teknologi cloud mutakhir untuk mendorong efisiensi, meningkatkan pengalaman pengguna, dan menciptakan peluang baru bagi bisnis di seluruh Indonesia,” ujar Patrick.
Selain superapp, Tencent Cloud Day Indonesia juga menandai kolaborasi baru dengan Mega Buana Teknologi dan Noctua, sekaligus membangkitkan kemitraan lama dengan berbagai jaringan mitra lokal.
Bank Neo Commerce misalnya, yang memanfaatkan basis data SQL milik Tencent Cloud untuk mengelola data pelanggan dan meningkatkan skala operasi secara aman, menangani lebih dari 5 juta transaksi setiap hari. Operator Telkomsel juga memanfaatkan SuperApp-as-a-Service milik Tencent Cloud dan verifikasi telapak tangan yang didukung AI untuk e-commerce yang lancar dan transaksi yang aman. Di bidang hiburan, Everywhere.ID mengintegrasikan alat Komunikasi Real-Time dan AI milik Tencent untuk menghadirkan pengalaman live streaming yang lebih baik.
Dukungan bagi Perusahaan Indonesia Untuk Tumbuh di Skala Internasional
Pelaku bisnis Indonesia telah berkembang menjadi kontributor aktif bagi ekosistem mitra global Tencent Cloud yang kini memiliki lebih dari 11.000 mitra yang menawarkan lebih dari 400 solusi di 30 industri secara global. Tencent Cloud terus bekerja sama mitra lokal dan regional untuk mendukung bisnis internasionalnya yang terus berkembang, khususnya di sektor media, hiburan, dan live streaming.
Tencent Cloud juga berada di posisi yang kuat untuk memfasilitasi ekspansi perusahaan Indonesia dalam menangkap peluang bisnis di Tiongkok. Setelah mendukung perluasan serupa untuk perusahaan Fortune 500 seperti Mercedes-Benz dan Sanofi, pasar konsumen Tiongkok merupakan proposisi yang menarik bagi bisnis Indonesia dengan aspirasi internasional.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |